BEKRAF dan Bank DBS Indonesia Gelar Kompetisi UKM Bisnis Kreatif

BEKRAF dan Bank DBS Indonesia Gelar Kompetisi UKM Bisnis Kreatif
(Dari kiri ke kanan) Managing Director KATADATA Ade Wahyudi, Founder KATADATA Metta Dharmasaputra, Deputi Bidang Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif Fajar Hutomo, CEO PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Chief Operating Officer PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung, Head of Marketing BukaLapak.com Bayu Syeril Rachmat. FOTO: ist for jpnn.com

jpnn.com - JAKARTA – Badan Ekonomi Kreatif  (BEKRAF) bersama dengan PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) dan KATADATA meluncurkan kompetisi model bisnis bagi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) pada bidang ekonomi kreatif yang berorientasi ekspor. 

Ajang tersebut bertajuk DBS BIG (Bring Indonesia to Global): Creative Business Challenge 2016. 

Kompetisi ini dibuka untuk pelaku UKM berorientasi ekspor untuk enam subsektor, di antaranya adalah seni rupa, kerajinan tangan, fesyen, animasi video, kuliner, aplikasi dan pengembangan permainan digital.

Kepala BEKRAF Triawan Munaf memaparkan potensi industri ekonomi kreatif di Indonesia yang terus menunjukkan pertumbuhan positif. 

Pada tahun 2015, kontribusi ekonomi kreatif pada Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) senilai Rp 881 triliun. Saat ini BEKRAF terus berupaya untuk menciptakan ekosistem yang dapat mendorong pertumbuhan sektor industri kreatif yang didominasi oleh pelaku UKM.

Sementara itu, Chief Operating Officer Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengungkapkan bahwa pihaknya memandang bidang UKM sebagai salah satu sektor bisnis yang potensial dan perlu dukungan.

Berbagai inisiatif tengah dikembangkan untuk mendukung kemajuan UKM di Indonesia. “DBS BIG merupakan salah satu upaya diantaranya. Diharapkan DBS BIG dapat membantu meningkatkan daya saing produk UKM ke tingkat global dan berkontribusi lebih pada perekonomian Indonesia,” kata Rudy.

Sedangkan Head of Marketing BukaLapak.com Bayu Syerli memaparkan, bagaimana tren e-commerce di Indonesia dan potensi digital marketing bagi para pelaku UKM yang terus berkembang baik. Bedasarkan data tahun 2015, kata dia, sekitar 844.000 pelaku UKM bergabung di BukaLapak.com.

JAKARTA – Badan Ekonomi Kreatif  (BEKRAF) bersama dengan PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) dan KATADATA meluncurkan kompetisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News