Bule Menipu Janda Kaya, Akhirnya Dibekuk Anak Buah Pak Krishna

Bule Menipu Janda Kaya, Akhirnya Dibekuk Anak Buah Pak Krishna
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap warga negara asing (WNA) bernama Pawel Cwiklinski (36). Bule asal Polandia itu disangka menipu janda kaya sebesar Rp 1,3 miliar.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti mengatakan, anak buahnya menangkap Pawel di Perumahan Green Lake City Clusterm Amerika, Jalan East Cost 1 Nomor 1, Kosambi, Jakarta Barat, belum lama ini. ‎"Korban ditipu oleh pelaku yang mengaku sebagai diplomat Amerika,‎" ujar Krishna di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (1/7).

Krishna menuturkan, Pawel mendekati korbannya melalui media sosial Facebook.‎ Pawel menjalankan aksinya dengan menggandeng seorang WNA lain bernama Colins Mark.

Dari Colins pula korban mengenal Pawel. "Korban kenal lewat Facebook dengan tersangka Colins Mark yang masih buron, pada 8 Juni 2016," ujar dia.

Untuk memperdaya korban, Colins mengaku berprofesi sebagai dokter bedah di Central Texas Medical Center, Amerika Serikat. "Korban dengan pelaku yang DPO ini kemudian berkomunikasi via WhatsApp sampai akhirnya kedekatannya sudah seperti pacaran," jelas dia.

Krishna melanjutkan, Colins lantas merencanakan untuk mengirimkan uang USD 2 juta kepada korban. Namun, sebelumnya meminta kepada korban untuk memberikan uang sebesar Rp 2 miliar untuk proses pengiriman.

Nah, demi memuluskan aksinya itu, ‎Colins menyuruh Pawel untuk mendatangi korban dengan menyamar sebagai diplomat AS di Indonesia. Korban pun semakin percaya.

"Korban mengirimkan Rp 1,3 miliar secara bertahap ke rekening pelaku. Namun akhirnya korban menyadari telah ditipu karena pelaku meminta uang terus-menerus," tandas Krishna.(mg4/jpnn)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News