Jeruk Nipis Bisa Dibuat Pasta Gigi, Mudah Lagi

Jeruk Nipis Bisa Dibuat Pasta Gigi, Mudah Lagi
Fajar Ardi Saputra dan dua rekannya di Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) yang menciptakan pasta gigi berbahan jeruk nipis. Foto: Adi Daya Perdana/Radar Jogja/JPG

jpnn.com - Jeruk nipis ternyata bisa menjadi bahan pasta gigi alias odol. Manfaatnya, kandungan di cairan jeruk nipis bisa memutihkan gigi.

ADI DAYA PERDANA,  Mungkid

LIMA mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM), yakni Fajar Ardi Saputra, Sekar Mutia Ningrum, Evti Riskina, Namitawati dan Ardina Septadilsa  kini kondang di lingkungan kampusnya setelah menciptakan odol berbahan herbal. Namanya Lime Kagi yang berbahan jeruk nipis.

Fajar bersama Sekar, Evti dan Namitawati merupakan mahasiswa jurusan pendidikan guru SD di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMM. Sedangkan Adina adalah mahasiswa jurusan keperawatan di Fakultas Ilmu Kesehatan UMM.

Sebenarnya sudah sejak lama jeruk nipis bermanfaat sebagai pembersih. Kolektor keris bahkan biasa menggunakan jeruk nipis untuk mencuci dan menghilangkan karat pada senjata tikam itu.

Karenanya, Fajar Cs menamakan odol buatannya dengan sebutan Lime Kagi. Lime merupakan kata dari Bahasa Inggris yang artinya jeruk nipis. Sedangkan Kagi adalah akronim karang gigi.

Karya itu lolos dalam seleksi Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat  (PKM-M) Kementerian Riset Teknolgi dan Pendidikan Tinggi. Melalui proposal bertajuk Pelatihan Pembuatan Pasta Gigi Herbal Lime Kagi Penghilang Karang Gigi, kelima mahasiswa UMM itu mengantongi dana penelitian Rp 10 juta dari Kemristekdikti.

Penelitian itu memang tak semata-mata untuk menciptakan produk komersial. Sebab, tujuannya justru demi membuka wawasan masyarakat tentang bahaya karang gigi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News