Pakar: Anggota DPD Sudah Mulai Menikmati Posisinya

Pakar: Anggota DPD Sudah Mulai Menikmati Posisinya
Pakar Hukum Tata Negara, Irmanputra Sidin. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara, Irmanputra Sidin mengatakan para anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sudah mulai menikmati posisinya sebagai wakil daerah. Karena itu, menurut Irman, DPD tidak terlalu mau untuk memperjuangkan amandemen konstitusi.

"DPD tidak terlalu mau memperjuangkan amandemen. Makanya akhir-akhir ini para anggota DPD saat ini sibuk dengan rebutan kekuasaan di internalnya," kata Irman, di Gedung DPD, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (20/7).

Rebutan jabatan di internal DPD lanjutnya, sangat tidak produktif untuk ketatanegaraan Indonesia karena mendorong pergantian pimpinan DPD setiap 2,5 tahun.

"Rebutan tersebut akan berimbas kepada sistem kepemimpinan lembaga-lembaga negara, termasuk presiden. Saya pastikan, rebutan kekuasaan pimpinan internal DPD tersebut tidak akan didukung presiden," tegasnya.

Selain itu, Irman juga mengkritisi anggota DPD yang mewacanakan akan menolak laporan tahunan pertanggungjawaban pimpinan DPD, sebagaimana yang pernah dilakukan DPRD terhadap bupati dan gubernur.

"Kalau ini terjadi, pasti presiden tidak akan toleransi karena mengancam sistem ketatanegaraan," pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara, Irmanputra Sidin mengatakan para anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI sudah mulai menikmati posisinya sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News