Zefrizal Nanda, Mahasiswa Kedokteran Unair Dicurigai Gabung ISIS

Zefrizal Nanda, Mahasiswa Kedokteran Unair Dicurigai Gabung ISIS
Ilustrasi. FOTO: AFP

jpnn.com - SURABAYA - Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Zefrizal Nanda Mardani dicurigai bergabung dengan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Bahkan, ternyata pernah dicari oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror. 

“Tahun lalu, Densus sudah datangi FK tanya keberadaan Zefrizal. Kami sudah berupaya menghubunginya,” tandas Direktur Akademik Unair, Prof Dr Ni Nyoman Tri Puspaningsih saat ditemui Radar Surabaya (JPNN Group) Senin (25/7).

Zefrizal disebut-sebut telah drop out (DO) semester tiga. Namun, dari penjelaskan Nyoman, ternyata status Zefrizal masih mahasiswa FK Unair tahun ajaran 2012/2013. “Statusnya masih mahasiswa Unair,” ujarnya.

Kendati demikian, kini direktur Akademik Unair men-deadline Zefrizal untuk mendaftar ulang pada 28-29 Juli mendatang. 

Jika tidak, mahasiswa asal Trenggalek yang pernah menjuarai Olimpiade Astronomi di Ukraina pada tahun 2007 saat duduk di bangku SMPN 1 Trenggalek ini dianggap mengundurkan diri. 

“Kalau statusnya belum bayar begini. Kami anggap dia mengundurkan diri,” tegas Nyoman.

Dari informasi yang berkembang, dikhawatirkan Zefrizal pergi ke Syiria bersama rombongan warga negara Indonesia yang bergabung ISIS pada pertengahan 2015 lalu.  

Sebelum diisukan masuk ISIS, Zefrizal ngekos di Kedung Sroko Gang III nomor 20 Surabaya. Penghuni rumah kosan bewarna biru itu memang mayoritas adalah mahasiswa Kedokteran Unair. 

SURABAYA - Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Zefrizal Nanda Mardani dicurigai bergabung dengan Islamic State of Iraq

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News