Investor Tiongkok Incar Sejumlah Proyek di Banten

Investor Tiongkok Incar Sejumlah Proyek di Banten
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - SERANG - Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten menerima kunjungan investor asal Tiongkok yang tergabung dalam Indonesia China Business Council (ICBC), Selasa (9/8). Rombongan diterima  oleh Kepala BKPMPT Provinsi Banten Babar Suharso. 

ICBC merupakan gabungan perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia. Dalam pertemuan itu, ICBC memaparkan beberapa proyek yang telah dilakukan di Negeri Tirai Bambu. Di antaranya pembangkit energi tenaga angin, geothermal, agroindustri dan pengolahan sampah. 

Kepala BKPMPT Banten Babar Suharso mengatakan, meski belum memastikan proyek dan nilai investasi, pihak pemprov telah memproyeksikan Banten Selatan sebagai daerah tujuan investasi yang cocok, terutama untuk sektor agroindustri. 

"Kita arahkan ke Banten Selatan, terutama untuk mendukung pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang, Bandara Panimbang, dan KEK Tanjung Lesung," kata Babar usai pertemuan. 

Babar menambahkan, sangat mungkin ICBC juga akan melirik rencana proyek Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) yang akan dibangun di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang. TPST tersebut ditaksir memiliki nilai investasi 90 juta dolar Amerika Serikat (AS). 

"Mungkin saja jika mereka berminat. Sekarang masih pengenalan potensi Banten. Jadi belum bisa memastikan sektor apa yang akan mereka pilih," jelasnya. 

Usai melakukan pertemuan dengan BKPMPT Banten, rombongan ICBC melakukan pertemuan dengan Gubernur Banten Rano Karno. Pertemuan berlangsung tertutup dari awak media. 

"Intinya pak gubernur sangat menyambut baik keinginan mereka berinvestasi di Banten," kata Babar usai menemui Gubernur. 

SERANG - Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten menerima kunjungan investor asal Tiongkok yang tergabung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News