Modal Laptop Kredit, Guru Daerah Terpencil Hasilkan Rp 70 Juta Sebulan

Modal Laptop Kredit, Guru Daerah Terpencil Hasilkan Rp 70 Juta Sebulan
Deni Ranoptri. Foto: Radar Banjarmasin

jpnn.com - TANJUNG – Modal minim bukan halangan bagi Deni Ranoptri untuk berkreasi. Hanya bermodal laptop kredit, dia bisa meluncurkan aplikasi gurusd.net.

Dalam sebulan, aplikasi itu menghasilkan USD 5 ribu. "Laptop perjuangan itu masih saya simpan. Tidak akan saya jual," ujarnya.

Dia belajar nge-blog secara autodidak. Pria kelahiran Tabalong 3 November 1983 ini lulusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Terbuka.

Deni juga tak mengira situsnya bakal menjadi mesin pendulang rupiah. Motivasi awal hanyalah rasa jengkel karena tertinggal. "Saya guru biasa di ujung provinsi, masa harus tertinggal informasi pula," ujarnya.

Saat membangun gurusd.net, ayah empat anak ini tercatat sebagai guru SD di Kecamatan Jaro.

Belakangan pindah mengajar ke SD Nawin Hilir 2 di Kecamatan Haruai. Di daerah terpencil, jaringan internet sudah pasti lemot dan putus nyambung.

"Saya punya kabel panjang yang menjuntai di atap rumah. Sering bolak-balik naik ke atas untuk mencari sinyal. Sampai dikira tetangga gila," ujarnya tertawa.

Gurusd.net fokus pada pendidikan. Ia menyediakan aplikasi pendidikan, materi ajar, bahasan kurikulum dan berita terbaru seputar dunia pendidikan.

TANJUNG – Modal minim bukan halangan bagi Deni Ranoptri untuk berkreasi. Hanya bermodal laptop kredit, dia bisa meluncurkan aplikasi gurusd.net.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News