Awan Berpotensi Hujan Selimuti Surabaya

Awan Berpotensi Hujan Selimuti Surabaya
Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat menginformasikan perubahan cuaca akibat fenomena alam di beberapa tempat. Surabaya menjadi wilayah yang terdampak fenomena tersebut. Selama tiga hari mendatang awan diperkirakan menyelimuti Surabaya yang berlanjut dengan hujan.

Fenomena alam yang disampaikan melalui website BMKG itu merupakan akibat belokan angin di Sumatera bagian tengah, perairan selatan Jawa Barat, Laut Jawa, serta beberapa titik lainnya. Dampaknya, kelembapan udara di sebagian besar wilayah Indonesia meningkat. Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan hujan.

Surabaya pun sudah merasakannya. Suhu udara kemarin tidak sepanas sebelumnya. Berdasar data di BMKG Juanda, suhu di Surabaya dan sekitarnya 24-33 derajat Celsius. Kecepatan angin juga normal, yakni 5-30 kilometer per jam. Lalu, kelembapan udara sekitar 60-94 persen.

Padahal, pekan lalu suhu di Surabaya bisa mencapai 32-34 derajat Celsius. Lalu, pada 22 September lalu posisi matahari tepat di atas Surabaya. Sebagian besar masyarakat mengeluhkan suhu di Surabaya yang cukup panas. Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Sebab, menjelang sore awan mulai menyelimuti langit Surabaya.

Prakirawan BMKG Juanda Arif Krisna menjelaskan fenoma belokan angin tersebut. Menurut dia, kondisi itu merupakan fenomena wajar. Hal tersebut bisa terjadi di mana saja. ''Sering terjadi dan bukan fenomena langka,'' tuturnya.

Mungkin perubahan musim yang dialami Surabaya relatif terlambat. Sebab, sebagian wilayah Jawa Timur sudah memasuki musim hujan. Antara lain, Bojonegoro, Lumajang, Magetan, Ngawi, dan Malang sudah masuk musim hujan pada dasarian satu hingga tiga September.

Dasarian merupakan sebutan sepuluh hari di lingkungan BMKG. Artinya, daerah tersebut sudah masuk musim hujan pada 1 hingga 30 September. Untuk Surabaya, kata Arif, musim hujan diperkirakan terjadi pada dasarian pertama dan kedua November. Selama masa transisi itu, hujan mulai terlihat di wilayah Surabaya.

''Wajar jika beberapa hari Surabaya sudah diguyur hujan,'' ungkap Arif.

Berdasar data BMKG, suhu di Surabaya hari ini diperkirakan 24-33 derajat Celsius. Kecepatan angin sekitar 5-35 kilometer per jam. Kelembapan udara berada di angka 59-96 persen. Lalu, jarak pandang di udara 4-10 kilometer. Jarak tersebut sangat aman untuk penerbangan. (riq/c15/git)


SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat menginformasikan perubahan cuaca akibat fenomena alam di beberapa tempat. Surabaya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News