Di Indonesia Bali Nine, di Malaysia Budgie Nine...

Di Indonesia Bali Nine, di Malaysia Budgie Nine...
Sembilan wisatawan Australia harus berurusan dengan polisi Malaysia. Foto: twitter-channelnewsasia

jpnn.com - KUALA LUMPUR - Masih ingat dengan Bali Nine? Sebutan yang diberikan media massa kepada sembilan warga Australia terkait kasus narkoba di Bali pada 2005 lalu.

Sekarang muncul Budgie Nine. Sama. Melibatkan sembilan warga Australia yang bermasalah, namun bukan di Indonesia. Tapi di Malaysia.

Kamis (6/10) ini, Budgie Nine menghadapi tuntutan di pengadilan Malaysia, menyusul aksi tak seronok mereka di Sirkuit Sepang, Minggu (2/10).

Saat itu, sembilan pria Aussie berusia sekitar 25 hingga 29 tahun ikut merayakan keberhasilan driver Red Bull asal Negeri Kanguru, Daniel Ricciardo menjuarai balapan FI seri GP Malaysia.

Senang boleh saja. Tapi caranya nggak enak. Mereka bersukacita, mayoritas bertelanjang dada dan yang bikin kesal Malaysia, mereka hanya memakai celana dalam bendera Malaysia.

Istilah Budgie Nine kemudian muncul dari media-media Australia, dengan referensi pakaian renang speedo yang dikenal di sana sebagai 'budgie smugglers'. Budgie adalah budgerigar, sejenis parkit Australia

Nah, kini setelah ditangkap, Budgie Nine menghadapi pengadilan di Malaysia.

AFP melansir, jaksa setempat belum menentukan tuntutan kepada mereka. Namun jelas, mereka dituduh melecehkan bendera Malaysia dan terancam setidaknya penjara enam bulan. (adk/jpnn) 


KUALA LUMPUR - Masih ingat dengan Bali Nine? Sebutan yang diberikan media massa kepada sembilan warga Australia terkait kasus narkoba di Bali pada


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News