Hebat! Duterte Menyamai Popularitas Fidel Ramos

Hebat! Duterte Menyamai Popularitas Fidel Ramos
Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Presiden RI Joko Widodo, saat di Pasar Tanah Abang, Jakarta beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MANILA - Terima atau tidak, popularitas Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah melonjak selama tiga bulan pertama dia menjadi orang nomor satu di negara yang terletak di sebelah utara Indonesia itu.

Dari hasil survei lembaga  independen Social Weather Stations, yang dirilis Kamis (6/10), 76 persen warga Filipina merasa puas dengan kinerja Duterte.

Sementara 11 persen tidak puas atau kepuasan menurun. Sisanya ragu-ragu.

Tim polling yang berbasis di Manila ini melakukan survei kepada 1.200 orang dewasa dari 24 hingga 27 September.

Tapi memang, survei ini hanya terkait kinerja di pemerintahan, sebagai presiden, tanpa mengacu lebih dalam kepada perang narkoba ala Duterte.

Menurut BusinessWorld, yang menerbitkan survei Social Weather Stations, hanya satu presiden lainnya yang popularitasnya melonjak luar biasa dalam tiga bulan pertama seperti Duterte sekarang ini, sejak demokrasi di Filipina pulih usai diktator Ferdinand Marcos jatuh pada 1986.

Presiden itu adalah Fidel Ramos (1992-1998).

Bagaimana pun, survei ini mencerminkan dukungan kepada sosok Duterte.

MANILA - Terima atau tidak, popularitas Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah melonjak selama tiga bulan pertama dia menjadi orang nomor satu di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News