Banjir, Ratusan Ribu Warga Brasil Masih Terlantar

Banjir, Ratusan Ribu Warga Brasil Masih Terlantar
TERISOLASI - Sejumlah rumah warga Brasil yang terendam dan sudah cukup lama terisolasi di kawasan utara negeri itu, akibat banjir yang sudah berlangsung sebulan ini. Foto: Reuters/Paulo Whitaker.
SAO PAOLO - Pemerintah Brasil melaporkan bahwa hingga saat ini, sekitar 408.000 warganya masih belum bisa kembali ke rumah mereka, akibat bencana banjir yang telah melanda sejak bulan lalu. Sementara ramalan cuaca menyebutkan bahwa cuaca buruk di daerah itu masih akan berlanjut setidaknya dalam dua pekan ke depan.

Sebagaimana diberitakan BBC, sejauh ini pemerintah Brasil sudah menggelontorkan dana tak kurang dari 273 juta pounsterling (USD 435 juta), demi membantu para korban bencana banjir yang terjadi khususnya di kawasan utara dan timur laut negeri itu. Diperkirakan pula, kerugian materi akibat banjir di kawasan itu setidaknya sudah mencapai ratusan juta dolar AS.

Pihak berwenang juga mencatat setidaknya sudah ada 49 orang korban meninggal sejauh ini, akibat banjir yang melanda sekitar 12 negara bagian itu. Sementara sejumlah besar petani kecil mengaku bahwa bencana ini memastikan rusaknya semua tanaman yang ada di lahan mereka tahun ini.

Hampir 400 ribu anak juga dipastikan sudah tak bersekolah selama berminggu-minggu, baik akibat jalan yang harus ditutup, ruang-ruang kelas yang terendam air, maupun lantaran sekolah mereka dijadikan tempat pengungsian. Dilaporkan, situasi terburuk saat ini ada di daerah Amazonas, di mana seperempat dari total warganya menderita dampak buruk banjir.

SAO PAOLO - Pemerintah Brasil melaporkan bahwa hingga saat ini, sekitar 408.000 warganya masih belum bisa kembali ke rumah mereka, akibat bencana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News