Kriiinng...Trump Dobrak Tradisi yang Bertahan Sejak Era Jimmy Carter

Kriiinng...Trump Dobrak Tradisi yang Bertahan Sejak Era Jimmy Carter
Donald Trump. Foto: AFP

jpnn.com - NEW YORK -  Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump melawan tradisi. Jumat (2/12) waktu setempat, taipan 70 tahun itu bertelepon dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. 

Itu merupakan perbincangan telepon langsung pertama AS dan Taiwan selama lebih dari empat dekade terakhir.

”Dalam percakapan Jumat itu, dua pemimpin membahas hubungan ekonomi, politik, dan keamanan dua negara,” terang salah seorang anggota tim transisi Trump. 

Dia menambahkan, kedua pemimpin juga saling mengucapkan selamat atas keberhasilan masing-masing memenangi pilpres. Tsai resmi menjadi presiden perempuan pertama Taiwan pada 20 Mei lalu. 

Kemarin (3/12) media yang mengendus dialog jarak jauh Trump dan Tsai itu langsung menyebarluaskan berita tersebut kepada publik. Reaksi yang muncul pun beragam. 

Gedung Putih, yang masih berisi orang-orang Presiden Barack Obama, terkejut. Sebab, Trump tidak pernah memberitahukan agenda percakapan telepon dengan Taiwan itu sebelumnya. 

Saat banyak kritik yang tertuju kepadanya, Trump pun berkomentar lewat Twitter. Dia menegaskan bahwa bukan dirinya, melainkan Tsai-lah yang menelepon. Taiwan-lah yang berinisiatif untuk melakukan percakapan selama sepuluh menit itu. ”Presiden Taiwan MENELEPON saya hari ini (Jumat, Red) dan menyelamati saya atas kemenangan saya dalam pilpres. Terima kasih!” terang pebisnis Manhattan yang segera menarik diri dari dunia bisnis tersebut. 

Sejak era Presiden Jimmy Carter pada 1979, AS mengubah relasi diplomatiknya dengan Taiwan. Jika sebelumnya AS memiliki hubungan langsung dengan Taipei, kini Washington hanya berhubungan dengan Beijing. AS juga menganut prinsip kebijakan Satu Tiongkok. Selama ini, segala bentuk kerja sama dengan Taiwan juga dibahas lewat Beijing. Jumat lalu Trump merombaknya.

NEW YORK -  Presiden terpilih Amerika Serikat, Donald Trump melawan tradisi. Jumat (2/12) waktu setempat, taipan 70 tahun itu bertelepon dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News