PUM Belanda Latih Ratusan UKM Smesco

PUM Belanda Latih Ratusan UKM Smesco
Tenaga ahli PUM Belanda saat berdiskusi dengan perwakilan UKM di Sidoarjo. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) atau SMESCO menindaklanjuti kerja sama dengan Project Uitzending Managers (PUM) dari Belanda untuk melakukan bimbingan teknis.

Selain bimbingan teknis, kerja sama itu meliputi work shop, pendampingan dan konsultasi bagi para UKM di tanah air.

Pendampingan difasilitasi oleh Kedutaan Besar RI di Belanda. PUM Belanda terdiri dari tenaga ahli senior yang merupakan relawan dan mempunyai misi untuk membantu pelaku usaha di negara-negara berkembang dalam mengembangkan dan meningkatkan usahanya.

Mereka yang didampingi Wakil Duta Besar RI untuk Belanda Ibnu Wahyutomo itu datang ke Jakarta untuk melakukan berbagai program kegiatan pengembangan Koperasi dan UKM di Jakarta, Bogor, Jogjakarta dan Sidoarjo.

Sejak akhir November lalu, tenaga ahli dari PUM, Albertus Van Zelts memberikan pelatihan kepada 100 orang pelaku UKM mitra SMESCO untuk kategori fashion, sepatu dan aksesoris berbahan dasar kulit. Bimbingan dilaksanakan di Galeri Indonesia WOW, dengan materi mengenai kualitas bahan baku, dan trend desain produk sepatu, jaket, dan tas kulit serta informasi pasar di Eropa Barat.

Tim PUM juga mengunjungi sentra UKM kulit di Jabodetabek untuk memberikan pendampingan di bidang produksi dan management para pelaku usaha Mitra SMESCO. Salah satunya mendatangi UKM sepatu Delvino dan UKM produk tas kulit Scano Exotic di Jakarta.

Selain di Jakarta, tenaga ahli PUM juga mengunjungi UKM produk kerajinan dari kulit di Bogor Jawa Barat yakni UKM Pepari Leather dan UKM Kalong Leather Garment.  

Selanjutnya LLP-KUKM dan PUM Belanda bertolak ke Sidoarjo Jawa Timur, mengunjungi industri tas dan koper Intako, Senin (5/12). Dalam kunjungan tersebut, mereka didampingi Bupati Sidoarjo, Saifullah dan Kadis Koperindag.

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM melalui Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) atau SMESCO menindaklanjuti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News