1 Caleg PDIP Sebar Brosur Gus Ipul - Mbak Puti ke 500 Rumah

1 Caleg PDIP Sebar Brosur Gus Ipul - Mbak Puti ke 500 Rumah
Anas Karno (belakang), calon legislatif PDIP untuk DPRD Kota Surabaya, dari kawasan Surabaya Timur. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - PDI Perjuangan Kota Surabaya mewajibkan setiap calon legislatif DPRD di Pemilu 2019, aktif memenangkan calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno atau Gus Ipul - Mbak Puti.

Mereka diwajibkan blusukan nonsetop ke rumah-rumah warga. “Kami wajibkan setiap caleg membagi brosur Gus Ipul - Mbak Puti, di 500 rumah warga. Waktunya hanya tiga hari,” kata Ketua DPC PDIP Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana, Selasa (1/5).

Sebagai contoh, Anas Karno, calon legislatif PDIP untuk DPRD Kota Surabaya, dari kawasan Surabaya Timur, Selasa (1/5) blusukan dari pagi hingga siang. “Saya bergerak dengan semua tim. Sejak pukul 08.00 sampai pukul 11.00, saya dapat 80 rumah,” kata Anas.

Dia bergerak dari kampung ke kampung Kelurahan Nginden Jangkungan, Kecamatan Sukolilo. Anas mengenalkan Gus Ipul - Mbak Puti. “Ini ya Bu, Gus Ipul-Mbak Puti. Nanti SMA/SMK Negeri gratis. Coblos nomor dua, atau gambar Gus Ipul, atau kerudung merah Mbak Puti. Yang penting, coblos di dalam kotak. Jangan di luar kotak ya, Bu,” kata Anas pada warga bernama Bu Ica, di kampung Jalan Jangkungan.

1 Caleg PDIP Sebar Brosur Gus Ipul - Mbak Puti ke 500 Rumah

Bu Ica, yang mendapat pengenalan itu, mengaku setuju dengan pendidikan gratis untuk SMA/SMK Negeri. “Saya coblos nanti, Pak,” kata Bu Ica.

Dalam kunjungan itu, Anas juga melakukan edukasi kepada pemilih. Dia mengingatkan warga agar datang ke TPS, 27 Juni 2018. “Saya ingatkan jangan sampai golput,” kata Anas.

Sementara Whisnu Sakti menjelaskan lagi, semua kunjungan itu harus dilaporkan dalam dokumen foto, dan data lain termasuk nama serta alamat pemilik rumah yang dikunjungi. “Semua caleg harus mengenalkan Gus Ipul - Mbak Puti, menjelaskan program-programnya termasuk pendidikan gratis pada warga, lalu mengajak memilih nomor dua, kemudian memberikan brosur,” kata Whisnu.

Setiap caleg PDIP di Kota Surabaya wajib menyosialisasikan dan membagikan brosur Gus Ipul - Mbak Puti ke 500 rumah warga dalam waktu 3 hari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News