1 Oktober 2021, Merger Pelindo I-IV Bakal Dilakukan

1 Oktober 2021, Merger Pelindo I-IV Bakal Dilakukan
Para direksi Pelindo I-IV dalam 'Temu Media’ di Kantor Pusat PT Pelindo IV di Makassar, Selasa (14/9). Foto dok Pelindo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah segera mewujudkan penggabungan atau merger empat BUMN Pelabuhan, yaitu PT Pelindo I-IV Persero pada 1 Oktober 2021.

Dalam merger ini PT Pelindo II akan bertindak sebagai surviving entity atau perusahaan penerima penggabungan.

Setelah merger, nama perusahaan hasil penggabungan menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

"Integrasi Pelindo akan meningkatkan produktifitas dan efisiensi melalui standarisasi proses bisnis dan pelayanan di pelabuhan. Situasi ini secara bertahap akan berdampak terhadap penurunan harga barang yang diangkut," ujar Direktur Utama Pelindo IV, Prasetyadi dalam ‘Temu Media’ di Kantor Pusat PT Pelindo IV di Makassar,  Selasa (14/9).

Seluruh Dirut Pelindo khusus hadir dalam kegiatan ini, yaitu, Dirut Pelindo I Prasetyo, Dirut Pelindo II Arif Suhartono, Dirut Pelindo III Boy Robyanto, serta jajaran Direksi Pelindo I, II, III dan IV.

Kegiatan yang dihadiri sejumlah pemimpin media nasional dan lokal baik yang berada di Makassar maupun di provinsi lainnya yang termasuk dalam kelolaan Pelindo IV ini, dimaksudkan untuk memberikan informasi dan pemahaman lebih luas kepada masyarakat, dalam hal ini media sangat berperan dalam menyebarluaskan informasi yang tepat.

Kegiatan serupa telah diselenggarakan sebelumnya di wilayah kelolaan Pelindo I yang berpusat di Medan, wilayah Pelindo II di Jakarta, dan wilayah Pelindo III di Surabaya.

Prasetyadi menyebutkan, saat ini biaya logistik nasional masih tergolong tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara lain, yakni sekitar 23 persen dari total Gross Domestic Product (GDP) Indonesia.

Setelah merger, nama perusahaan hasil penggabungan menjadi PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News