10 Ribu Pemudik Jateng Berangkat dari TMII

10 Ribu Pemudik Jateng Berangkat dari TMII
10 Ribu Pemudik Jateng Berangkat dari TMII
JAKARTA-Sebanyak 10 ribu pemudik dari komunitas Jawa Tengah kemarin meninggalkan Jakarta. Mereka menggunakan 190 bus yang diberangkatkan dari Taman Mini Indonesia Indah. Para pemudik diantar langsung oleh Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih dan salah satu tokoh komunitas Jateng yang juga Dirut Pusat Pengelolaan Kompleks Kemayoran Mayjen TNI (Purn) Drs. H. Hendardji Soepandji, SH.

’’Acara mudik bersama ini adalah bentuk solidaritas warga Jawa Tengah,’’ ujar Hendardji Soepanji yang akrab dipanggil Bang Adji. Menurutnya, kegiatan semacam mudik bareng komunitas Jawa Tengah juga dilakukan pada tahun lalu. Pada 2010, jumlah pemudik bersama komunitas Jawa Tengah diberangkatkan dengan bus sebanyak 140 unit. Tahun ini jumlah armada pengangkut bertambah 50 unit. Tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun mendatang jumlah armada dan pemudik akan terus bertambah.

Bang Adji sempat menyinggung aktivitas mudik bareng yang marak digelar tiap menjelang lebaran. Menurutnya, kegiatan mudik gratis bisa dikembangkan menjadi sebuah instrument untuk memangkas kemiskinan yang terjadi di daerah. ’’Tentu hal ini harus dikerjakan secara bersama-sama agar tidak bersifat sporadis,’’ katanya usai melepas rombongan mudik gratis komunitas Jawa Tengah di Taman Mini Indonesia Indah, Kamis (25/08).

Menurutnya, kegiatan mudik bersama pada umumnya muncul atas dasar semangat solidaritas dan meringankan beban warga yang hendak pulang kampung. Jika solidaritas tersebut kemudian dirumuskan dengan matang, tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan sebuah langkah strategis yang berakhir pada pengurangan angka kemiskinan di daerah.

JAKARTA-Sebanyak 10 ribu pemudik dari komunitas Jawa Tengah kemarin meninggalkan Jakarta. Mereka menggunakan 190 bus yang diberangkatkan dari Taman

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News