10 Universitas Dengan Dana Bantuan Terbesar

10 Universitas Dengan Dana Bantuan Terbesar
10 Universitas Dengan Dana Bantuan Terbesar
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jor-joran dalam mendanai perguruan tinggi negeri melalui program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Pemerintah beralasan dengan adanya BOPTN, maka biaya pendidikan di PTN akan lebih murah.

Berdasarkan data yang dipaparkan Mendikbud Mohammad Nuh di kantornya, Jumat (22/3) diketahui total anggaran BOPTN 2013 mencapai Rp2,7 triliun untuk 94 PTN baik universitas, institut seni hingga polteknik negeri se Indonesia. Dari angka itu, Universitas Indonesia menerima alokasi terbesar, yakni Rp.226 miliar dan paling rendah diterima Politeknik Pertanian Negeri yakni Rp.1,1 miliar.

"Pemberian BOPTN ini memiliki beberapa kriteria penilaian, salah satunya didasarkan pada akreditasi program studi. Semakin banyak prodi nyang terakreditasi A, maka makin besar peluang dapat BOPTN," kata Nuh di kantornya.

Program BOPTN sendiri diadakan pemerintah untuk menjaga kelangsungan proses belajar mengajar di PTN. Fungsinya  ntuk menutupi kekurangan biaya operasional di PTN sebagai akibat dari adanya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang bertujuan meringankan beban mahasiswa terhadap biaya kuliah yang sebelumnya terus meningkat.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jor-joran dalam mendanai perguruan tinggi negeri melalui program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News