100 Warga di Solok Terisolasi Akibat Longsor

100 Warga di Solok Terisolasi Akibat Longsor
Jalan menuju Nagari Aia Luo, Kecamatan Payung Sekaki yang masih putus total. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, SOLOK - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Solok, Sumatera Barat selama dua hari terakhir sejak Senin malam (17/2), menyebabkan longsor di tiga lokasi. Akibat kejadian ini, sekitar 100 lebih warga di Nagari Surian terisolasi.

"Ada tiga wilayah yang terkena longsor hari ini, yaitu jalan menuju Nagari Aia Luo, Kecamatan Payung Sekaki, akses Jalan penghubung ke Jorong Lubuak Rasam Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin dan Kelok Patah Lubuak Talang, Sirukam-Supayang," kata Kepala BPBD Kabupaten Solok Armen di Koto Baru, Rabu malam.

Longsor yang terjadi di Nagari Aia Luo, Kecamatan Payung Sekaki sekitar pukul 15.00 WIB. Saat ini, akses jalan menuju Nagari Aia Luo putus total.

Sedangkan longsor yang menutup akses jalan yang menjadi penghubung ke Jorong Lubuk Rasam, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin terputus, karena jembatan yang menjadi penghubung satu-satunya ke daerah itu juga roboh sekitar pukul 16.30 WIB.

"Ada sekitar 75 Kepala Keluarga (KK) dengan warga sekitar 100 jiwa lebih kini masih terisolasi," sebutnya.

Mengatasi hal tersebut, pihaknya bersama Satgas penanggulangan bencana (Forkopimcam, TRC Puskesmas Surian dan Pemerintah Nagari) turun ke lokasi untuk memetakan kondisi lapangan untuk melakukan tindakan darurat sementara kedepannya.

"Kami masih terus berkoordinasi dengan satgas disana untuk mengambil tindakan berikutnya," ujarnya.

Sedangkan longsor yang terjadi di jalan Kelok Patah Lubuak Talang, Nagari Sirukam dan Supayang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Solok, Sumatera Barat selama dua hari terakhir sejak Senin malam (17/2), menyebabkan longsor di tiga lokasi. Akibat kejadian ini, sekitar 100 lebih warga di Nagari Surian terisolasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News