101 Pria dan 2 Perempuan ABK MV Zuiderman Dibawa ke Hotel Mercure Batavia, Ada Apa?

101 Pria dan 2 Perempuan ABK MV Zuiderman Dibawa ke Hotel Mercure Batavia, Ada Apa?
Danlantamal III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Dansatgas memimpin repatriasi/pemulangan ABK WNI kapal pesiar MV Zuiderdam sebanyak 103 ABK terdiri dari Pria 101 orang dan wanita 2 orang. Foto: Dispen Lantamal III

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto selaku Dansatgas memimpin repatriasi/pemulangan anak buah kapal (ABK) WNI kapal pesiar MV Zuiderdam sebanyak 103 ABK terdiri dari Pria 101 orang dan wanita 2 orang. Mereka diantar ke tempat karantina Hotel Mercure Batavia, pelaksanaannya di dermaga JICT-II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (15/7/2020).

Kapal pesiar MV. Zuiderdam berbendera Negara Belanda, berlayar dari Manila/Filipina menuju Jakarta, dan melakukan lego jangkar sekitar 2-3 Mil Laut untuk menurunkan ABK sebanyak 103 orang. Para ABK menggunakan tenderboat menuju Dermaga pelabuhan JICT II.

Sejak ABK turun dari kapal MV. Zuiderdam akan mendapat pengawalan dari Tim Satgas Pengamanan Laut (Satpaska, Satrol), setelah sampai di dermaga Tim Satgas evakuasi, disambut dengan melaksanakan protokol kesehatan covid-19 terhadap personel maupun barang bawaannya.

Awalnya satu persatu di cek suhu tubuh dan disemprotkan cairan disinfektan oleh petugas yang sudah dilengkapi pakaian APD. Sedangkan untuk barang bawaan diharuskan melalui X-ray Tim Bea Cukai setelah sebelumnya pemeriksaan menggunakan anjing pelacak/K-9 dari Pom Lantamal III guna mengantisipasi adanya barang yang terlarang.

Kemudian seluruhnya dinaikan ke bus pengantaran menuju Hotel Mercure Batavia yang telah direkomendasikan oleh Gugus tugas penanganan Covid-19 DKI Jakarta. Selanjutnya, Tim KKP melaksanakan Swab test dengan fasilitas yang nyaman di hotel.

“Apabila ada yang hasilnya Positif maka akan di bawa ke Rumah sakit darurat Wisma Atlit Kemayoran Jakarta, dan bila hasilnya Negatif akan mendapatkan surat kesehatan dari Dinkes DKI Jakarta untuk bisa di pulangkan ke kampung halamannya masing-masing dengan rasa aman,” ujar Brigjen Hermanto.

Turut hadir Dansatgas, Wakil Dansatgas Kolonel Marinir A. Beny Sarana, Dansat Kopaska Armada I Kolonel laut (P) Johan, Kapolres Pelb. Tanjung Priok AKBP Kurniawan Tandi Rongre, Syahbandar, KSOP, Imigrasi, Bea cukai dan Pihak Agen Kapal.(fri/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Kapal pesiar MV. Zuiderdam berbendera Negara Belanda, berlayar dari Manila/Filipina menuju Jakarta, dan melakukan lego jangkar sekitar 2-3 Mil Laut untuk menurunkan ABK sebanyak 103 orang.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News