103 Penerbangan Tiongkok Dibatalkan, Sekolah-Sekolah Ditutup

103 Penerbangan Tiongkok Dibatalkan, Sekolah-Sekolah Ditutup
Bandar Udara Internasional Taiping di Kota Harbin, Provinsi Heilongjiang, diselimuti salju pada Desember 2019. Foto: ANTARA/M. Irfan Ilmie

jpnn.com, HARBIN - Sebanyak 103 jadwal penerbangan ke Bandar Udara Internasioal Taiping, Harbin, di wilayah Tiongkok timur laut, dibatalkan akibat topan Maysak, Kamis (3/9). Sekolah-sekolah di wilayah tersebut turut diliburkan.

"Angin kencang disertai hujan deras di Ibu kota Provinsi Heilongjiang tersebut berlanjut hingga Kamis malam," demikian dinyatakan otoritas meteorologi setempat.

Pemerintah Provinsi Heilongjiang telah menetapkan siaga bencana level IV, yang merupakan tingkat terendah dalam sistem tanggap darurat di Tiongkok.

Sebelumnya, biro cuaca setempat hendak menaikkan menjadi level III untuk memberikan peringatan kewaspadaan kepada masyarakat setempat akan terjadinya genangan areal pertanian dan meluapnya sungai di provinsi yang berbatasan langsung dengan Rusia tersebut.

Di Kota Harbin, sejumlah sekolah dan taman kanak-kanak serta area publik terbuka ditutup total pada Kamis dan Jumat.

Dibandingkan dengan di berbagai wilayah di Tiongkok timur, dampak topan di Provinsi Heilongjiang tersebut relatif tidak seberapa karena wilayah perbatasan itu relatif jauh dari kawasan laut terbuka.

Heilongjiang dikenal sebagai penghasil beras terbaik di Tiongkok meskipun musim panennya relatif pendek karena bulan Agustus sudah memasuki musim dingin, hingga April.

Heilongjiang merupakan surga bagi pencinta ski dan wisata musim dingin karena curah hujan saljunya tinggi. (ant/dil/jpnn)

Pemerintah Tiongkok membatalkan ratusan penerbangan ke bandara internasional di wilayah timur laut


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News