12 Rumah dan Satu Sekolah Hancur

12 Rumah dan Satu Sekolah Hancur
Petugas BPBD Sukabumi menunjukkan rumah yang rusak akibat disapu angin puting beliung di Kecamatan Cibadak. Foto: Aditya Rohman/Antara

jpnn.com, SUKABUMI - Dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diterjang angin puting beliung, Selasa (29/10). Sejumlah rumah rusak dan pohon besar tumbang.

"Dua kecamatan yang dilanda bencana tersebut adalah Cibadak dan Kecamatan Nagrak," kata Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna.

Informasi yang dihimpun, bencana angin puting beliung tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Sebelum kejadian itu turun hujan deras dan tiba-tiba angin kencang langsung melanda dua kecamatan itu.

Akibatnya beberapa pohon tumbang di Kampung Padasuka, RT 01/04 dan Kampung Bungursarang RT 03/04, Desa Balekambang, Kecamaan Nagrak. Pohon yang tumbang itu mengenai kabel jaringan PLN, namun, tidak berdampak kepada permukiman warga.

Sementara di Kecamatan Cibadak angin puting beliung mengakibatkan 12 rumah dan MTs Gunung Masigit rusak sedang, namun tidak ada korban jiwa.

Upaya yang dilakukan BPBD dalam penanggulangan bencana itu adalah berkoordinasi dengan petugas PLN Unit Cibadak untuk melakukan penebangan pohon yang tumbang serta memperbaiki jaringan listrik di daerah tersebut.

Kemudian, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan terhadap rumah yang rusak di Kecamatan Cibadak serta membantu warga, khususnya yang terdampak untuk membersihkan sisa puing rumah yang rusak.

"Nilai kerugian akibat angin puting beliung ini masih dalam penghitungan dan kami pun sudah menyiapkan bantuan darurat untuk korban terdampak bencana tersebut," ujarnya.

Dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi diterjang angin puting beliung, Selasa (29/10), hingga membuat sejumlah rumah rusak dan pohon tumbang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News