12 Tanda Gejala Gangguan Kecemasan

12 Tanda Gejala Gangguan Kecemasan
12 Tanda Gejala Gangguan Kecemasan

jpnn.com - BUKAN hal yang mudah untuk membedakan kecemasan yang dirasakan setiap hari dengan yang dialami penderita gangguan kecemasan (anxiety disorder). Sebab gangguan ini sering terlihat dalam berbagai bentuk seperti serangan panik, fobia atau kecemasan sosial. Beda antara gangguan kecemasan dan kecemasan biasa pun tidak begitu jelas.

Sebagai panduan, perhatikan saja 12 gejala gangguan kecemasan berikut ini dan jika anda merasa mengalaminya, segera hubungi dokter.

1. Khawatir berlebihan

Salah satu gejala paling mencolok dari generalized anxiety disorder (GAD) adalah, khawatir berlebihan terhadap hal-hal yang ditemui sehari-hari, entah itu besar atau kecil. Tapi kadar berlebihan yang dimaksud pada penderita GAD adalah memiliki kekhawatiran secara terus-menerus hampir setiap hari selama enam bulan.

Dan saking cemasnya, biasanya kondisi ini akan mengganggu aktivitas harian si penderita. Terkadang hal ini juga disertai gejala lain yang mudah terlihat seperti kelelahan.

2. Insomnia

Susah tertidur atau kerap terbangun saat tidur dapat dikaitkan dengan berbagai gangguan kesehatan, baik fisik maupun psikologis. Namun jika tetap terjaga dalam waktu lama dan terus merasa khawatir atau gelisah tentang masalah spesifik (seperti uang) atau bahkan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi ini adalah gejala gangguan kecemasan.

Diperkirakan hampir separuh penderita GAD mengalami masalah dengan tidurnya. Gejala lainnya, anda terbangun dalam kondisi tidak mengantuk, pikiran anda seperti sedang berpacu dengan sesuatu dan anda tak mampu menenangkan diri anda sendiri.

BUKAN hal yang mudah untuk membedakan kecemasan yang dirasakan setiap hari dengan yang dialami penderita gangguan kecemasan (anxiety disorder). Sebab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News