120 Juta Liter Minyak Goreng Curah Bakal Membanjiri Pasar

120 Juta Liter Minyak Goreng Curah Bakal Membanjiri Pasar
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan minyak goreng curah tersedia di pasar. Foto: Wenti Ayu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan sebanyak 120 juta liter minyak goreng curah tersedia di pasar.

Menurutnya, pasokan minyak goreng sudah cukup dalam memenuhi kebutuhan masyarakat setelah adanya kebijakan pelarangan ekspor crude palm oil (CPO).

"Ekspor sudah dibuka kembali dan pasokan minyak goreng curah bertambah. Kami sudah lihat ada 120 juta liter di pasar yang masih berjalan," ujar Mendag, Senin (23/5).

Menurut Mendag, pasokan minyak goreng sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan 10-15 hari ke depan.

Selain itu, untuk memastikan agar masyarakat mendapatkan minyak goreng murah, pemerintah telah menginisiasi program minyak goreng rakyat.

Program itu dilaksanakan oleh pelaku usaha minyak goreng dengan menggunakan aplikasi digital supaya lebih transparan dan akuntabel.

"Kami sudah siapkan di 10 ribu titik bahkan akan mencapai 18-30 ribu pengecer. Program ini untuk 40 juta keluarga atau 150 juta orang yang membutuhkan minyak goreng curah Rp 14 ribu per liter," ucap Mendag.

Lebih lanjut, belajar dari kesalahan kemarin, Mendag telah mengatur pasokan minyak goreng menggunakan teknologi digital.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan sebanyak 120 juta liter minyak goreng curah tersedia di pasar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News