14 Parpol Terdata Ikut Verifikasi

14 Parpol Terdata Ikut Verifikasi
14 Parpol Terdata Ikut Verifikasi
KENDARI - Verifikasi badan hukum partai calon peserta Pemilu 2014, akhirnya selesai juga. Di Sultra, 14 partai tercatat sudah mengikuti verifikasi di Badan Kesbangpol Sultra.

Kasub Bid Organisasi Politik Badan Kesbang Pol Sultra, La Mohidu mengatakan, 14 partai yang terdaftar itu antara lain, PBB, PAN, PKPI, PKS, Gerindra, PPP, nasional demokrat (Nasdem), Golkar, PKB, Hanura, PDS, Demokrat, PDIP dan nasional republik (Nasrep). "Di Sultra sudah lolos, tapi nda tahu di Jakarta. Kita tunggu hasilnya saja," katanya.

Meski sudah terdaftar, tapi bukan jaminan semua partai di atas bisa lolos sebagai partai peserta Pemilu 2014. Pasalnya, kewenangan tersebut ada di tangan Kemenkum dan HAM. Menurut La Mohidu, Kesbang Pol hanya merekomendasikan ke Kemenkum dan HAM, bahwa partai di atas telah mengikuti proses di provinsi. Adapun yang mengeluarkan keputusan berhak tidaknya partai ikut Pemilu 2014, adalah kementerian tersebut.

"Kita hanya rekomendasikan bahwa sudah terdaftar. Kesbang hanya teliti berkas lalu keluarkan rekomendasi. Untuk verifikasi faktual bukan kewenangan kami, tapi di pusat. Kecuali ada perintah," ujarnya.

KENDARI - Verifikasi badan hukum partai calon peserta Pemilu 2014, akhirnya selesai juga. Di Sultra, 14 partai tercatat sudah mengikuti verifikasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News