1,43 Juta Warga Tiongkok Ikut Tes CPNS, Ini Posisi yang Paling Diincar

1,43 Juta Warga Tiongkok Ikut Tes CPNS, Ini Posisi yang Paling Diincar
Suasana Kongres ke-19 Partai Komunis Tiongkok. Foto: AP

jpnn.com, BEIJING - Lebih dari 1,43 juta warga Tiongkok bersaing ketat untuk memperebutkan 24.000 posisi pegawai negeri sipil (PNS) yang lowong. Mereka mulai mengikuti tes tulis CPNS pada Minggu (24/11).

Portal berita Chinanews.com menlaporkan, Badan Kepegawaian Tiongkok (SACS) pada Oktober lalu membuat rencana pengangkatan 24.000 PNS untuk mengisi posisi di 86 institusi pemerintahan pusat dan 23 lembaga vertikal

Proses rekrutmen tahun ini merupakan yang pertama kali sejak Undang-Undang Pegawai Negeri Sipil direvisi dan menambah 14.500 lowongan dibandingkan tahun lalu. Para pelamar dari seluruh pelosok daratan Tiongkok harus mengikuti tes tertulis yang berlaku secara nasional.

Sementara untuk pelamar yang membutuhkan keahlian khusus di bidang keuangan, keamanan publik, urusan luar negeri dan lain sebagainya harus mengikuti tes keahlian sesuai bidangnya.

Para pelamar akan dinilai berdasarkan kecakapan umum dalam tes tulis, tes psikologi, dan pengalaman magang.

"Perekrutan tahun ini lebih banyak sehingga jumlah aplikasi lamarannya juga banyak. Seperti halnya banyak posisi yang membutuhkan kemampuan profesional," ujar Li Manqin, konsultan penyelenggara ujian nasional PNS, dikutip portal berita tersebut.

SACS mempersyaratkan integritas politik para pelamar merupakan hal mendasar dalam penilaian.

Mayoritas lowongan untuk kepengurusan Partai Komunis Tiongkok dan lembaga pemerintahan yang levelnya provinsi ke atas juga mengharuskan pengalaman kerja selama dua tahun di tingkat akar rumput masyarakat, tulis People's Daily.

Lebih dari 1,43 juta warga Tiongkok bersaing ketat untuk memperebutkan 24.000 posisi pegawai negeri sipil (PNS) yang lowong. Mereka mulai mengikuti tes tulis CPNS pada Minggu (24/11)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News