15 Tahun Buron, Koruptor Dana Bank Mandiri Yosef Tjahjadja Ditangkap Kejaksaan Agung

15 Tahun Buron, Koruptor Dana Bank Mandiri Yosef Tjahjadja Ditangkap Kejaksaan Agung
Yosef Tjahjadja, terpidana kasus korupsi dana Bank Mandiri Cabang Mampang Prapatan yang telah buron selama 15 tahun terakhir, akhirnya ditangkap tim Kejaksaan Agung, Selasa (13/7). Foto: dok Kejaksaan Agung

jpnn.com, JAKARTA - Kejaksaan Agung telah menangkap Yosef Tjahjadja, terpidana kasus korupsi dana Bank Mandiri Cabang Mampang Prapatan, yang telah buron selama 15 tahun terakhir.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan, Yosef ditangkap di kawasan Pondok Bambu siang tadi, Selasa (13/7).

"Penangkapan bersama tim gabungan dari Kejagung dan Polda Jawa Barat," kata Leonard dalam keterangan tertulisnya.

Leonard menjelaskan pangkal kasus Yosef menjadi terpidana kasus pembobolan Bank Mandiri dimulai pada 2006 silam. Ketika itu dia diminta untuk mencarikan dana untuk ditempatkan di Bank Mandiri Cabang Mampang Prapatan.

Hasilnya, Yosef berhasil menempatkan deposito Rp 200 miliar dari PT Jamsostek di bank tersebut.

Selanjutnya atas penempatan dana tersebut, Yosef bersama rekannya Agus Budio Santoso dari PT Rifan Financindo Sekuritas meminta imbalan fasilitas dana untuk mengucurkan kredit kepada Alexander J. Parengkuan dari PT Dwinogo Manunggaling Roso.

Kemudian Deposito dari PT Jamsostek itu Yosef jadikan jaminan kredit atas bantuan Kepala Cabang Bank Mandiri Cabang Mampang Prapatan Charto Sunardi yang telah diputus bersalah dan dihukum dengan pidana penjara divonis 15 tahun.

"Kucuran kredit dibagi menjadi 10 bilyet giro, dikucurkan kepada Alexander untuk membangun rumah sakit jantung. Namun dana tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi," kata Leonard.

Kejaksaan Agung telah menangkap Yosef Tjahjadja, terpidana kasus korupsi dana Bank Mandiri Cabang Mampang Prapatan, yang telah buron selama 15 tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News