19 Bakal Calon Anggota DPD RI Asal Kepri, Ada Gerry Yasid hingga Ismeth Abdullah

19 Bakal Calon Anggota DPD RI Asal Kepri, Ada Gerry Yasid hingga Ismeth Abdullah
Ilustrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: JPNN.Com

jpnn.com, TANJUNGPINANG - Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Riau atau KPU Kepri baru menerima persyaratan pencalonan yang diserahkan oleh tiga dari 19 bakal calon anggota DPD RI asal provinsi itu.

Anggota KPU Kepri Arison menyebut tiga bakal calon anggota DPD RI yang telah menyerahkan syarat dukungan minimal pemilih ialah Ria Saptarika, Stephan Gerald M. Siburian, dan Hotma Hutapea.

Ria Saptarika saat ini menjabat sebagai anggota DPD RI, Hotma Hutapea merupakan mantan anggota DPRD Provinsi Kepri dari Partai Demokrat, dan Stephan adalah ketua Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional Kepri.

"Masih ada waktu empat hari lagi. Kami mengajak para tokoh masyarakat di Kepri untuk mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon anggota DPD," ujar Arison di Tanjungpinang, Senin (26/12).

Dia menyebut KPU Kepri telah memberi akses Sistem Informasi Pencalonan (Silon) kepada 19 bakal calon DPD RI.

Akses Silon tersebut diberikan sesuai dengan permintaan bakal calon DPD RI Daerah Pemilihan Kepri pada Pemilu 2024.

Silon menjadi alat bantu bakal calon untuk mengunggah syarat minimal dukungan pemilih dalam bentuk daftar nama pendukung (Formulir F-1 dan lampiran Formulir F-1) dan fotokopi KTP pendukung minimal 2.000 pemilih.

Setelah bakal calon DPD RI mengunggah syarat minimal dukungan tersebut ke dalam Silon, mereka harus menyerahkan dokumen tersebut kepada KPU Kepri mulai 16 hingga 29 Desember 2022.

KPU Kepri mencatat ada 19 bakal calon anggota DPD RI, termasuk nama Kajati Kepri Gerry Yasid hingga Ismeth Abdullah. Berikut selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News