2 Faktor Bikin Rupiah Hari Ini Anjlok

2 Faktor Bikin Rupiah Hari Ini Anjlok
Pada perdagangan sore ini, Rabu (1/12) rupiah ditutup melemah 16 poin. Ilustasri. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Rupiah hari ini (1/12) ditutup melemah 16 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 25 poin di level Rp 14.348 per USD.

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan rupiah hari ini melemah dipicu indeks dolar yang menguat dan faktor eksternal.

"Rupiah masih dipengaruhi ketua Federal Reserve AS Jerome Powell," ujar Ibrahim, Rabu (1/12).

Pasalnya, Bank Sentral AS akan membahas penyelesaian pengurangan aset lebih cepat dari yang direncanakan.

The Fed juga menggambarkan inflasi yang tinggi untuk sementara, karena pejabat Fed tidak senang dengan inflasi di atas target dua persen.

Berdasarkan faktor internal Ibrahim mengungkapkan bahwa indeks barga konsumen (IHK) mengalami inflasi atau kenaikan harga sebesar 0,37 persen secara bulanan pada November 2021.

"Sedangkan yang mempengaruhi inflasi adalah kenaikan harga beberapa komoditas di bawah kelompok makanan, minuman, dan tembakau. Hal ini khususnya cabai merah, minyak goreng, dan daging ayam ras," jelas Ibrahim.

Menurut dia, kelompok lainnya yang menjadi penyumbang inflasi, adalah transportasi yang mencapai 0,06 persen. Kelompok itu memberikan andil ke inflasi sebesar 0,51 persen. Ini disebabkan kenaikan tarif angkutan.

Pada perdagangan sore ini, Rabu (1/12) rupiah ditutup melemah 16 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 25 poin di level Rp 14.348 per USD.