2 Harimau Melintasi Perkampungan, Terdengar Suara Auman, Warga Ketakutan

2 Harimau Melintasi Perkampungan, Terdengar Suara Auman, Warga Ketakutan
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat saat melihat jejak harimau yang melintasi perkampungan di Rao Utara Kabupaten Pasaman. ANTARA/HO-BKSDA Sumatera Barat

jpnn.com, SIMPANG EMPAT - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat memastikan ada dua harimau sumatera yang melintasi perkampungan di Pagaran Tanjung Botung atau Batang Lubu Nagari Koto Nopan Rao Utara Kabupaten Pasaman beberapa hari lalu.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar Khairi Ramadhan mengatakan dua ekor harimau itu merupakan satu induk dan satu anak.

"Berdasarkan jejak harimau itu maka dipastikan ada dua ekor harimau. Satu induk dan satu ekor lagi anak," kata Khairi Ramadhan, Sabtu (20/2).

Menurutnya, berdasr kajian BKSDA setelah turun langsung ke lokasi, harimau itu melintasi daerah tersebut karena mengubah jalur pelintasannya dari satu bukit ke bukit lainnya.

"Kebetulan antara satu bukit dengan bukit lainnya ada sebuah perkampungan warga (yang dihuni) sebanyak 14 kepala keluarga," ungkapnya.

Khairi menambahkan bahwa di  di dekat perbukitan itu ada jalan dan turunan semak belukar menuju sungai.

Diduga setelah menyeberangi sungai, harimau masuk perkampungan sebelum akhirnya menuju perbukitan satunya lagi.

"Pada Senin (15/2) saat sejumlah warga menuju ke sungai pada pagi hari itulah warga dikejutkan dengan auman harimau," ujarnya.

2 harimau yang masuk ke perkampungan itu dipastikan 1 induk dan 1 anak. Auman harimau membuat warga ketakutan dan berlarian ke rumah masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News