2 Pasien Pertama Virus Corona Tak Kunjung Sembuh, Sepertinya Ada Faktor X

2 Pasien Pertama Virus Corona Tak Kunjung Sembuh, Sepertinya Ada Faktor X
RSPI Sulianti Saroso. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dua pasien pertama yang menjalani perawatan akibat COVID-19 di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso belum menunjukkan tanda-tanda bebas dari virus asal Tiongkok itu. Dyani Kusumowardhani selaku Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso menduga ada faktor X yang memengaruhi Pasien 01 dan 02 itu.

"Mungkin ada faktor X lain yang membuat kuman masih ada di dalam tubuh mereka. Kami belum tahu persis faktor X dari si penderita," ucap Dyani di RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Selasa (10/3).

Dalam analisis Dyani, terdapat sejumlah faktor yang mengakibatkan Pasien 01 dan 02 itu belum terbabas dari virus corona. Faktor pertama dari diri sendiri.

Dyani menjelaskan, setidaknya pasien perlu memiliki keinginan untuk sembuh. Faktor lanjutnya, kata Dyani, berkaitan dengan lingkungan.

“Memang banyak faktor yang menyebabkan orang menjadi sakit atau kemudian menjadi sembuh lagi. Faktor dari dalam dia sendiri dan faktor lingkungannya," ujar Dyani.

Menurut Dyani, RSPS Sulianti Saroso telah memperhatikan dua faktor tersebut. Misalnya, RS Sulianti Saroso menjaga betul kebersihan ruang isolasi.

Selain lingkungan dan diri sendiri, terdapat faktor makanan yang menghambat pasien positif corona untuk sembuh. Dyani memastikan RSPI Sulianti Saroso sangat memahami persoalan makanan ini.

RS Sulianti Saroso menyediakan asupan makanan penuh gizi bagi pasien positif Corona. Menurut dia, gizi yang baik bakal menguatkan sistem imun seseorang pasien positif Corona.

Dyani Kusumowardhani selaku Direktur Medik, Keperawatan dan Penunjang RSPI Sulianti Saroso menduga ada faktor X yang memengaruhi Pasien 01 dan 02 tak kunjung bebas dari virus corona.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News