2 Permintaan Menteri Nadiem Kepada Pemda soal Formasi Guru ASN PPPK

2 Permintaan Menteri Nadiem Kepada Pemda soal Formasi Guru ASN PPPK
Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak seluruh Pemda untuk membekali guru honorer agar lulus seleksi PPPK. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Makarim kembali mendorong Pemda untuk memberikan dukungan agar banyak guru honorer yang lulus PPPK.

Nadiem juga meminta agar Pemda membuka formasi sebanyak-banyaknya.

"Tahun ini merupakan tahun pertama pemerintah membuka satu juta formasi guru ASN PPPK," kata Nadiem di depan para bupati/wali kota di Sumatera Utara, Senin (25/10).

Dia mengajak para bupati dan wali kota untuk memberikan pandangan tentang berbagai program Merdeka Belajar dan program prioritas lainnya. Salah satu hal yang disambut positif dalam diskusi adalah kesempatan guru honorer untuk lolos dalam seleksi ASN PPPK.

Menteri Nadiem menyampaikan bahwa tes seleksi memang sudah menjadi keharusan dalam proses pengangkatan guru PPPK. Kementerian pun dalam hal ini telah memberikan beberapa kali afirmasi untuk memperbesar peluang lolos para guru. 

Namun, di sisi lain Nadiem juga memohon agar pemerintah daerah bisa memfasilitasi pelatihan atau bimbingan bagi guru.

“Jika bapak ibu ingin lebih banyak guru yang lulus, berikanlah mereka bimbingan. Sumber-sumber belajar sudah kami sediakan gratis," ujarnya.

Dia menambahkanPemda bisa fokus pada dua hal yakni formasinya dibuka, dilengkapi, lalu diberikan fasilitasi pelatihan dengan mendatangkan pakar.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengajak seluruh Pemda untuk membekali guru honorer agar lulus seleksi PPPK guru.