2 Poin Penting Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait

2 Poin Penting Kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait
Para pemain Timnas Indonesia foto bersama saat laga persahabatan FIFA Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/6/2022). Jadwal Timnas Indonesia vs Yodania laga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Minggu (12/6). Foto: Arsip ANTARA /M Agung Rajasa/nz

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia mencatatkan start positif di laga pembuka Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda dengan percaya diri mencundangi Kuwait yang berstatus tuan rumah.

Bertanding di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Rabu (8/6/2022), Indonesia sempat tertinggal satu gol sebelum mengunci kemenangan lewat aksi Marc Klok dan Rachmat Irianto.

Kemenangan ini mengantar Timnas Indonesia bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin, kalah selisih gol dari Yordania (menang 2-0 atas Nepal) yang menempati posisi puncak.

Hasil ini bukan hanya menambah kepercayaan tim Merah Putih, tetapi terdapat sejumlah catatan penting di dalamnya. Apa saja itu? Simak ulasan Jpnn.com berikut ini.

1. Peringkat FIFA Melonjak

Kemenangan atas Kuwait membuat Indonesia mendapat poin yang cukup signifikan, yakni +14,02. Dengan begitu, Skuad Garuda berhasil naik satu setrip ke posisi 158 FIFA.

Adapun Kuwait harus melorot lima tingkat ke posisi 150 FIFA setelah takluk dari Timnas Indonesia.

2. Putus Kutukan 40 Tahun

Ini menjadi kemenangan pertama Indonesia atas Kuwait dalam 40 tahun terakhir. Skuad Garuda pertama kali menundukkan Kuwait dalam laga Merdeka Tournament pada 1980.

Saat itu, Indonesia juga menang dengan skor 2-1. Setelahnya, Indonesia melalui lima laga kontra Kuwait dengan catatan dua kali kalah dan tiga kali imbang.(mcr15/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Berikut 2 poin penting kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait. Cek selengkapnya di sini.


Redaktur & Reporter : Dhiya Muhammad El-Labib

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News