2 Rumah Rusak Berat Akibat Tertimbun Longsor di Cianjur

2 Rumah Rusak Berat Akibat Tertimbun Longsor di Cianjur
Rumah warga di Kampung Kasintu, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, tertimbun longsor setelah hujan turun lebat lebih dari tiga jam, Rabu (10/1/2024). ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com - CIANJUR - Sebanyak dua rumah di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, rusak berat akibat tertimbun tanah longsor, Rabu (10/1).

Selain rumah rusak, sebanyak 40 warga juga terpaksa mengungsi akibat bencana alam tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Cianjur mencatat dua rumah warga yang tertimbun longsor itu berada di Kampung Kasintu, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka.  "Akibat longsor tersebut 40 orang terpaksa mengungsi," kata Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya di Cianjur, Rabu (10/1).

Menurut dia, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun demikian, petugas langsung dikirim ke lokasi untuk melakukan pendataan dengan membawa bantuan logistik bagi warga yang mengungsi.

"Longsor terjadi menjelang petang, setelah hujan turun deras sejak Rabu siang. Sebagian besar warga sudah diminta untuk mengungsi karena tanah tebing di belakang perkampungan terlihat mengalami pergerakan karena tergerus air sungai di bawahnya," kata Asep.

Saat ini, warga sudah dievakuasi ke tempat yang dinilai aman dari jangkauan longsor. Sementara, puluhan kepala keluarga yang tidak mengungsi diminta untuk waspada dan segera mengungsi ketika longsor susulan terjadi karena hingga malam hujan masih turun di wilayah tersebut.

"Data sementara dua rumah rusak berat tertimpa material longsor dan sekitar 15 rumah terancam, sehingga pemiliknya untuk sementara diungsikan ke tempat aman guna menghindari hal yang tidak diinginkan terutama saat malam hari," katanya.

Kepala Seksi Kesra Kecamatan Campaka Widhy Mulgani mengatakan hujan deras dengan intensitas lebih dari tiga jam melanda sebagian besar wilayah tersebut, sehingga menyebabkan tebing setinggi 15 meter di Kampung Kasintu longsor dan menimpa dua rumah warga.

2 rumah di Kabupaten Cianjur, Jabar, rusak akibat tertimbun longsor. Bencana alam ini juga mengakibatkan 40 warga mengungsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News