2 Tahun Moratorium Penerimaan CPNS, Kekurangan 400 Guru

2 Tahun Moratorium Penerimaan CPNS, Kekurangan 400 Guru
2 Tahun Moratorium Penerimaan CPNS, Kekurangan 400 Guru

jpnn.com - MAKASSAR - Adanya kebijakan moratorium penerimaan CPNS 2011 dan 2012, menyebabkan kebutuhan PNS di Makassar, Sulawesi Selatan meningkat. Apalagi, pada 2013, Makassar tak mendapatkan kuota penerimaan CPNS umum.

Dalam rentang tiga tahun tanpa penerimaan CPNS tersebut, banyak posisi teknis yang lowong, karena tidak sebanding antara yang pensiun dan yang mengisinya. Data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar, setiap tahun, PNS yang pensiun di kisaran 200-400 orang.

"Kita masih butuh guru sekitar 800-an orang. Kebanyakan guru sekolah dasar," ujar Kepala BKD Kota Makassar, Muh Kasim Wahab seperti yang dilansir FAJAR (JPNN Group).

Saat ini, kata Kasim,  BKD Kota Makassar telah mempersiapkan kuota kebutuhan CPNS yang akan dikirimkan ke pusat jika suatu saat data itu diminta. Ia mengatakan, kuota formasi yang akan diusulkan, tetap sama dengan usulan yang ditolak tahun lalu.

Kekurangan PNS di Kota Makassar mencapai 1.400-an orang. Selain tenaga guru, BKD juga mengaku masih kekurangan 600-an tenaga kesehatan yang meliputi dokter, bidan, dan perawat yang akan bertugas di puskemas.

"Rata-rata kepala sekolah dasar yang datang ke sini, meminta tambahan guru. Cuma kita belum kirim, karena BKN belum meminta formasi," imbuh mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Makassar ini.

Selain guru dan tenaga kesehatan, sisanya Makassar juga membutuhkan tenaga teknis di beberapa dinas, kendati jumlahnya tidak terlalu banyak. Di antaranya dibutuhkan di Dinas Pekerjaan Umum (PU), Badan Administrasi dan Pelayanan Perizinan, dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).

Kasim juga membantah bahwa PNS di Kota Makassar jumlahnya terlalu gemuk. Menurutnya, andai semua honorer dan tenaga kontrak sudah menjadi PNS, maka kebutuhan itu sudah mencukupi. Hanya saja, karena belum PNS, sehingga daerah yang harus membiayai gaji mereka. "Mudah-mudahan yang lulus nanti untuk guru SD dan perawat. Andai diterima usulan kita, maka itu sudah mencukupi kebutuhan," papar Kasim.

MAKASSAR - Adanya kebijakan moratorium penerimaan CPNS 2011 dan 2012, menyebabkan kebutuhan PNS di Makassar, Sulawesi Selatan meningkat. Apalagi,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News