2021, Real Estate Indonesia Terbesar ke Tujuh di Dunia

2021, Real Estate Indonesia Terbesar ke Tujuh di Dunia
2021, Real Estate Indonesia Terbesar ke Tujuh di Dunia
JAKARTA - Kurang dari sepuluh tahun ke depan, sektor properti di Indonesia bakal turut berperan sebagai salah satu sumber kekuatan ekonomi dunia. Indonesia digadang-gadang menjadi negara dengan nilai kontribusi industri real estate terbesar ke tujuh di dunia, mengalahkan Korea Selatan, Kanada, dan Jepang.

Merujuk data yang diolah dari IMF dan Pramerica REal Estate Investors Research, pada 2011, kontribusi nilai real estate komersial Indonesia hanya USD 189,1 miliar. Nilai tersebut tumbuh mencapai 200 persen pada 2021 mendatang menjadi USD 563 miliar. Total kontribusi Indonesia pun sebesar 2,5 persen, hanya beda tipis dengan Inggris yang menyumbang 2,6 persen dengan nilai industri sebesar USD 582,2 miliar.

Indonesia pun tercatat sebagai salah satu negara yang mengalami akselerasi industri properti yang tinggi, selain Tiongkok, India, Rusia, dan Brasil. Namun sebaliknya, beberapa negara yang saat ini tergolong negara maju, justru mengalami kemunduran kontribusi industri real estatenya.

Melihat sederet angka optimitis itu, Bank Indonesia (BI) menilai peluang properti di Indonesia untuk tumbuh cukup besar. Indonesia pun dianggap masih jauh dari potensi bubble properti.

JAKARTA - Kurang dari sepuluh tahun ke depan, sektor properti di Indonesia bakal turut berperan sebagai salah satu sumber kekuatan ekonomi dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News