2.497 Prajurit Bergerak Cepat Menghancurkan Setiap Ancaman di Wilayah NKRI

2.497 Prajurit Bergerak Cepat Menghancurkan Setiap Ancaman di Wilayah NKRI
Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto melakukan pemeriksaan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI di Markas Koarmada II, Rabu (3/7). Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 2.497 prajurit Satgas Laut Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Tahun Anggaran 2019 mengikuti apel Pemeriksaan Kesiapan Operasi (Riksiapops) yang digelar di Markas Koarmada II, Rabu (3/7).

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto selaku Komandan PPRC TNI didampingi oleh Komandan Satgas Laut PPRC TNI TA 2019 Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, Komandan PPRC TNI melakukan pemeriksaan pasukan yang telah siap berbaris rapi di sepanjang Dermaga Madura, Markas Koarmada II.

Menurut Mayjen TNI Tri Yuniarto, PPRC TNI adalah suatu satuan komando tugas gabungan yang pengerahannya langsung berada pada Panglima TNI. PPRC TNI bertugas sebagai penindak cepat untuk mencegah, menangkal menggagalkan dan menghancurkan setiap bentuk ancaman militer dan nonmiliter di wilayah NKRI.

BACA JUGA: PPRC TNI Dituntut Meningkatkan Kemahiran Bertempur

“Guna mendukung terwujudnya tugas tersebut, PPRC TNI harus memiliki kecepatan bertindak untuk melakukan operasionalnya, maka diperlukan keterpaduan komando, kendali, dan komunikasi yang baik,” kata Tri.

Lebih lanjut, Tri menambahkan jika kekuatan PPRC TNI tahun 2018-2020 terdiri dari beberapa satuan tugas antara lain Satgasrat, Satgasla, Satgasud, Satkomlek, KDO dan Mako Denma PPRC dengan jumlah personel sebanyak 6.398 orang.

Sementara itu, Dansatgasla PPRC TNI Laksma TNI Erwin S. Aldedharma menerangkan jika Satgasla adalah bentuk organisasi kekuatan laut yang berkedudukan di bawah komando PPRC TNI terdiri dari unsur-unsur kekuatan laut dan marinir, yang dipadukan untuk melaksanakan tugas tertentu.

“Apel ini bertujuan untuk mengecek secara langsung kesiapan personel dan material Satgasla yang harus siap sewaktu-waktu bergerak sebagai satuan tugas PPRC TNI. Apel kesiapan ini juga merupakan bagian dari upaya pertahanan negara selama kurun waktu 2018 hingga 2020 sebagai bagian dari kekuatan PPRC TNI,” ujar Dansatgasla PPRC TNI yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II ini.

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto selaku Komandan PPRC TNI melakukan pemeriksaan pasukan yang telah siap berbaris rapi di sepanjang Dermaga Madura, Markas Koarmada II.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News