3 BUMN Bersinergi Luncurkan JM Access

3 BUMN Bersinergi Luncurkan JM Access
Ilustrasi. Gardu Tol. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Jasa Marga, PT Telkom Indonesia dan Perum Damri bersinergi meluncurkan JM Access, yaitu sistem pembayaran tol berbasis On Board Unit (OBU).

OBU merupakan alat sensor yang dipasang pada kendaraan yang terregistrasi dan memiliki saldo secara online yang tersimpan di sistem database.

Sistem secara otomatis akan memotong deposit saldo OBU milik pengguna jalan saat melewati gerbang/gardu tol. Dengan demikian transaksi pembayaran tol dapat dilakukan tanpa menghentikan kendaraan.

Sinergi ini dilakukan untuk mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) di jalan tol yang akan berlaku mulai Oktober 2017 serta mendorong penerapan multi lane free flow (MLFF).

Jasa Marga sebagai operator jalan tol terbesar di Indonesia, bersama TelkomGroup melakukan terobosan dalam menciptakan transaksi di jalan tol secara efektif dan efisien.

Pemanfaatan OBU di bus Damri diharapkan bisa membuat efisiensi waktu tempuh perjalanan bus dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Telkom berkomitmen mendorong terciptanya masyarakat digital Indonesia, salah satunya dengan menggiatkan transaksi elektronik untuk mendukung terwujudnya cashless society," ujar Direktur Enterprise & Busines Service Telkom Dian Rachmawan.

Dikatakan Dian, Telkom Group bersama Jasa Marga juga melakukan uji coba teknologi JM Access berbasis kartu online di ruas tol Surabaya – Gempol dan JM Access berbasis stiker RFID di ruas tol Bali.

Sistem secara otomatis akan memotong deposit saldo OBU milik pengguna jalan saat melewati gerbang atau gardu tol.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News