3 Calon Terkuat Pengganti Tito Karnavian sebagai Kapolri

3 Calon Terkuat Pengganti Tito Karnavian sebagai Kapolri
Kapolri Jenderal Tito Karnavian tiba di komplek Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai tiga figur berpeluang menggantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri.

"Berdasarkan sumber informasi yang dapat dipercaya, tiga jenderal polisi tersebut diprediksi akan menjadi Kapolri, yaitu Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Pramono (angkatan 1988), Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri (angkatan 1989), dan Agus Andrianto ( angkatan 1989)," kata Karyono, Selasa (22/10).

Berdasarkan informasi yang diterima Karyono, dari segi kepangkatan, Gatot, Agus maupun Dofiri memang masih kurang dua bintang untuk menjadi Kapolri.

Oleh karena itu, calon Kapolri nantinya akan dipromosikan sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) menggantikan Komjen Condro Kirono yang akan pensiun 12 Desember 2019. 

Karyono menambahkan, peristiwa seperti ini pernah terjadi 2010 saat terpilihnya Timor Pradopo sebagai Kapolri pada Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Timur yang waktu itu menjabat Kapolda Metro Jaya diangkat menjadi Kabaharkam dan beberapa saat kemudian dipilih sebagai Kapolri.

Saat ditanya siapa yang paling kuat di antara tiga Jenderal tersebut, Karyono menyebut nama Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono sebagai figur terbaik.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo akan mempertimbangkan track record dan kompetensi dari calon Kapolri. 

Analis dari Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai tiga figur berpeluang menggantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News