3 Cara Aman Mengonsumsi Gula

3 Cara Aman Mengonsumsi Gula
afp

jpnn.com - LONDON - Gula selama ini memiliki reputasi buruk terkait kesehatan. Gula bisa menyebabkan diabetes, penyakit jantung hingga obesitas. Karena itu, banyak orang yang bersikap hati-hati terhadap gula.

"Kita tidak perlu gula agar tubuh tetap berfungsi tetapi kita perlu karbohidrat kompleks melalui biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan untuk bahan bakar otak kita," kata manajer layanan gizi di Cleveland Clinic Wellness Institute, Kristin Kirkpatrick seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (27/7).

Berikut cara aman mengonsumsi gula:

1. Gula pasangan dengan serat.

Jangan pernah makan gula sendiri. Selalu pasangkan gula dengan sesuatu. Misalnya, gula dengan jeruk dan beberapa almond, apel dan pir. Sebab, hal itu akan membantu penyerapan gula secara perlahan ke dalam aliran darah. Alhasil, menjaga agar kadar gula darah dan insulin tetap normal.

2. Pilih produksi sumber gula Anda.

Buah-buahan dan sayuran selain mengandung gula di dalamnya juga menawarkan vitamin, mineral, dan fitonutrien. Ubi jalar merupakan karbohidrat kompleks yang memiliki beta karoten dan banyak serat. Apel memiliki serat larut dan tidak larut. Plus, apel rendah indeks glisemik yang menunjukkan seberapa tinggi gula darah Anda meningkat ketika mengonsumsi makanan.

3. Jika harus mempermanis makanan, Anda bisa menggunakan madu.

LONDON - Gula selama ini memiliki reputasi buruk terkait kesehatan. Gula bisa menyebabkan diabetes, penyakit jantung hingga obesitas. Karena itu,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News