3 Cara Sederhana Merawat Softlens

3 Cara Sederhana Merawat Softlens
afp

jpnn.com - LONDON- Bagi seseorang yang aktif, menggunakan kontak lensa atau softlens biasanya menjadi pilihan yang efektif dibandingkan mengenakan kacamata. Namun, ukurannya yang kecil dan tipis membuat mereka biasanya malas merawat softlens.

Padahal, kesalahan dalam merawat softlens bisa mengakibatkan iritasi bahkan kebutaan bagi mata. Berikut ini beberapa tips untuk membuat softlens tetap aman dipergunakan.

1. Bersihkan tangan Anda lalu softlens

"Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum Anda membersihkan softlens. Kemudian, bersihkan lensa dari kotoran dan bakteri berbahaya dengan menempatkan mereka di telapak tangan yang sudah bersih dengan menggunakan larutan pembersih," kata opthamologist Steven Shanbom seperti dilansir laman Health, Selasa (23/6).

2. Pertimbangkan softlens yang berbeda

Menurut Shanbom, lensa lunak sekali pakai merupakan cara yang baik untuk menghindari mata terhadap infeksi.

3. Istirahatkan softlens Anda

Shanbom menyarankan sebaiknya Anda memakai softlens hanya selama hari kerja. Selain itu, batasi penggunaan softlens hanya 12-14 jam setiap harinya. Jangan pernah berenang menggunakan softlens karena air kolam penuh dengan bakteri menular. (fny/jpnn)

LONDON- Bagi seseorang yang aktif, menggunakan kontak lensa atau softlens biasanya menjadi pilihan yang efektif dibandingkan mengenakan kacamata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News