3 Hari Menjelang Semifinal Piala Dunia 2022, FIFA Mengganti Bola Pertandingan

3 Hari Menjelang Semifinal Piala Dunia 2022, FIFA Mengganti Bola Pertandingan
Al Hilm, bola resmi Piala Dunia yang akan dipakai mulai semifinal. Foto: ss. FIFA

jpnn.com - DOHA - FIFA memperkenalkan Al Hilm menjadi bola resmi untuk semifinal dan final Piala Dunia 2022, Minggu (11/12) atau hanya tiga hari menjelang partai pertama 4 Besar, Argentina vs Kroasia.

Al Hilm berarti "Mimpi" dalam bahasa Arab, meneruskan bola resmi hinga 8 Besar, yakni Al Rihla atau "Perjalanan".

Sama seperti Al Rihla, Al Hilm dilengkapi teknologi 'Connected Ball', yang menurut FIFA telah terbukti sukses membuat keputusan offside semi-otomatis lebih cepat dan akurat.

Memanfaatkan kemajuan teknologi terbaru Adidas dalam desain bola, Al Hilm akan sangat membantu ofisial pertandingan membuat keputusan yang lebih cepat.

Direktur Teknologi & Inovasi Sepak Bola FIFA Johannes Holzmuller mengatakan dengan perkembangan teknologi bola yang terhubung, Adidas memungkinkan lapisan informasi tambahan yang penting tersedia bagi ofisial pertandingan video.

"Data dari bola membuka wawasan baru di Piala Dunia ini,” katanya.

Semua komponen pada Al Hilm telah dipertimbangkan dengan cermat. Al Hilm adalah bola semifinal dan final FIFA World Cup pertama yang dibuat hanya menggunakan tinta dan lem berbahan dasar air.

Desainnya diatur dengan warna dasar emas bertekstur yang menampilkan pola segitiga halus, mengambil inspirasi dari padang pasir yang berkilauan di wilayah yang mengelilingi Kota Doha, warna piala Piala Dunia, dan pola bendera Qatar.

FIFA meluncurkan bola resmi pertandingan yang baru, akan dipakai mulai semifinal Piala Dunia 2022. Ada apa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News