3 SSK Pasukan TNI Langsung Diterjunkan Untuk Penanganan Awal

3 SSK Pasukan TNI Langsung Diterjunkan Untuk Penanganan Awal
Warga terdampak erupsi Gunung Semeru dievakuasi di Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12/2021). ANTARA/HO-Muhammad Sidkin Ali/Radar Semeru/abs/rwa.

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak tiga satuan setingkat kompi (SSK) pasukan TNI langsung diterjunkan untuk membantu penanganan awal, menyusul letusan Gunung Semeru, Sabtu (4/12).

Menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto, pihaknya juga telah menyiapkan dua unit helikopter untuk kebutuhan evakuasi korban.

"Saya tadi sudah berkoordinasi dengan Kasdam Brawijaya, sudah juga membuat surat kepada Panglima TNI sudah koordinasi."

"Kami memastikan tiga satuan setingkat kompi bisa membantu Pak Bupati di lapangan malam ini untuk melakukan penanganan awal," ujar Suharyanto dalam konferensi pers secara daring yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang turut bergabung dalam konferensi pers tersebut meminta bantuan pasukan kepada Kepala BNPB untuk penanganan awal maupun membantu evakuasi warga yang masih terjebak.

Suharyanto juga memastikan telah menyiapkan dua unit helikopter yang bisa digunakan sewaktu-waktu apabila evakuasi korban tidak bisa dilakukan melalui jalur darat.

"Artinya keselamatan rakyat yang diutamakan."

"Jadi, nanti kalau memungkinkan, kalau cuacanya bagus, BNPB akan menyiapkan dua unit helikopter kalau nanti evakuasi lewat darat tidak bisa."

Sebanyak tiga SSK Pasukan TNI langsung diterjunkan, untuk penanganan awal, dua helikopter siap bantu evakuasi.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News