30 Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin, Ini Penjelasan Kombes Zulpan

30 Sekolah Terafiliasi Khilafatul Muslimin, Ini Penjelasan Kombes Zulpan
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat memberi keterangan di PMJ, Senin (13/6). Foto: Fransiskus Adryanto Pratama/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Polda Metro Jaya menyebut 30 sekolah yang tersebar di sejumlah daerah terafiliasi dengan kelompok Khilafatul Muslimin pimpinan Abdul Qodir Hasan Baraja.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, hal itu terungkap setelah pemeriksaan terhadap AS, petinggi Khilafatul Muslimin yang ditangkap di Mojokerto, Jawa Timur pada Senin (13/6) pagi.

Zulpan menyebut AS yang konon dijuluki menteri pendidikan Khilafatul Muslimin berperan mendoktrin pengurus lembaga pendidikan di berbagai daerah.

Namun, dia enggan memerinci puluhan sekolah yang terafiliasi kelompok yang disebut mengusung ideologi khilafah itu.

"Belum bisa saya sampaikan sekarang. Yang jelas itu sudah terafiliasi. Artinya pemahaman khilafah itu sudah didoktrin oleh tersangka (AS)," kata Zulpan di Polda Metro Jaya.

Eks Kabid Humas Polda Sulsel itu mengatakan pihaknya bakal berkoordinasi dengan kementerian terkait mengenai sekolah-sekolah tersebut.

"Tentu dengan Kemenag, Kementerian Pendidikan (Kemendikbudristek, red)," ujar perwira menengah Polri itu.

Zulpan mengatakan pihaknya juga bakal melakukan pengecekan terhadap puluhan sekolah yang terafiliasi kelompok Khilafatul Muslimin.

Kombes Zulpan menjelaskan soal 30 sekolah di sejumlah daerah yang terafiliasi Khilafatul Muslimin pimpinan Abdul Qodir Hasan Baraja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News