31 Peneliti Indonesia dan Singapura Eksplorasi Laut Jawa

31 Peneliti Indonesia dan Singapura Eksplorasi Laut Jawa
Mohammad Nasir. Foto: Agus Wahyudi/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Demi mengembangkan ilmu pengetahuan alam bawah laut Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan National University of Singapore (NUS) melakukan kerja sama eksplorasi biologis laut dalam di perairan laut Jawa. Sebanyak 31 peneliti terdiri dari 14 Indonesia dan 17 Singapura terlibat dalam eksplorasi ini.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan riset potensi kekayaan alam bawah laut sangat penting untuk dikembangkan. Dia berharap dengan terjalinnya kerja sama antara Indonesia dan Singapura ini bisa meningkatkan interaksi antar-ilmuan dari Indonesia dan Singapura, serta bermanfaat bagi kekayaan intelektual kedua negara, terutama dalam bidang ilmu kelautan.

“Saya sangat mengapreasi LIPI menjadi tuan rumah “Kick Off South Java Deep Sea Expedition”. Saya berharap kegiatan ini akan menstimulasi upaya kita dalam memanfaatkan sumber daya laut Indonesia dan dapat digunakan sebaik-baiknya," ungkapnya di Jakarta, Jumat (23/3).

Dia mengungkapkan, saat ini Indonesia masih berada di Peringkat 3 ASEAN dalam hal publikasi internasional. Pemerintah akan terus mendukung kegiatan penelitian demi meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah agar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

“Kami baru saja menyelesaikan undang-undang paten bagi peneliti dan perusahaan penelitian yang bertujuan membantu peneliti untuk fokus pada penelitian mereka,” katanya.

Ia juga mengatakan memproses Keputusan Presiden dalam rencana pembangunan nasional oleh pemerintah dan memberi tempat untuk energi, makanan, kesehatan, transportasi, ilmu sosial, pendidikan dan kemanusiaan, serta pengembangan kelautan.

Kerja sama antara Indonesia dan Singapura ini bertepatan dengan peringatan 51 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura.

Duta besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar mengatakan, kolaborasi ini merupakan cerminan dari hubungan jangka panjang yang sangat baik antara Indonesia dan Singapura.

Pemerintah Indonesia akan terus mendukung kegiatan penelitian demi meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi ilmiah agar bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News