3.103 Anggota Komcad TNI AD dari Beragam Profesi, Presiden Ingatkan Begini

3.103 Anggota Komcad TNI AD dari Beragam Profesi, Presiden Ingatkan Begini
Tangkapan layar Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara pengukuhan Komponen Cadangan (Komcad) TNI AD TA 2021 di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (7/10/2021). ANTARA/HO-Youtube Setkab

jpnn.com, JAKARTA - Anggota komponen cadangan (komcad) TNI Angkatan Darat berasal dari beragam profesi.

Dari 3.103 anggota komcad yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun anggaran 2021, ada yang berprofesi sebagai mahasiswa.

Kemudian, wartawan, dosen, wiraswasta dan berbagai profesi lainnya.

Menurut anggota Komcad TNI AD Arief Rachman Hakim, motivasinya ikut program tersebut karena merasa memiliki hak dan kewajiban dalam upaya mempertahankan NKRI sesuai dengan konstitusi, UUUD 1945.

Arief merupakan anggota Komcad TNI AD yang berprofesi sebagai dosen di Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur (Jatim).

Sementara itu, anggota Komcad TNI AD Aditya Aksani, yang berprofesi sebagai reporter televisi, menyatakan tergerak untuk mengikuti komcad untuk menjaga kedaulatan negara apabila dalam kondisi genting.

"Saya melihat Indonesia memerlukan tangan-tangan baru untuk bisa menyelamatkan (negara) jika nanti sewaktu-waktu dalam keadaan genting," ucapnya dalam keterangan yang diterima, Jumat (8/10).

Pernyataan Aditya selaras dengan isi pidato Jokowi saat penetapan Komcad TNI AD 2021.

3.103 anggota komponen cadangan (Komcad) AD berasal dari beragam profesi, presiden mengingatkan begini.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News