38 Hektar Sawah Diserang Tikus

38 Hektar Sawah Diserang Tikus
38 Hektar Sawah Diserang Tikus

jpnn.com - UNGARAN - Serangan hama tikus di Dusun Siroto, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran menggila. Akibatnya, petani gagal panen alias puso. Total luas lahan padi yang puso mencapat 38 hektare dan kerugiannya mencapai ratusan juga rupiah. 

Ketua Kelompok Tani Margo Rukun Dusun Siroto, Hadi Karmin mengatakan, serangan tikus menyebabkan 100an petani di Candirejo berduka. 

Mereka kini sulit melakukan penanaman kembali. Penyebabnya, petani sudah kehabisan modal. "Serangan tikus kali ini terhitung paling parah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," kata dia. 

Selama ini, kata Hadi, akibat serangan tikus petani belum pernah gagal panen. Total luas tanam yang gagal panen mencapai 38 hektare. Nah, sisanya sekitar 10 hektare masuh bisa dipanen, meski hasilnya kurang maksimal. 

Hadi mengatakan, sebenarnya petani sudah mengantisipasi serangan hama tikus. Tapi perangkap yang dipasang tidak mampu menanan serangan tikus yang datang secara berkoloni. 

"Kini ratusan petani di Siroto kesulitan permodalan," kata Hadi. 

Bupati Semarang Mundjirin langsung ke lapangan untuk memberikan bantuan beras 2,4 ton kepada petani di Kelurahan Candirejo. "Bantuan beras itu adalah cadangan beras pemerintah," Mundjridin. (tyo/isk/mas)

UNGARAN - Serangan hama tikus di Dusun Siroto, Kelurahan Candirejo, Kecamatan Ungaran menggila. Akibatnya, petani gagal panen alias puso. Total luas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News