4 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Metabolisme

4 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Metabolisme
4 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Metabolisme

jpnn.com - BANYAK orang beranggapan bahwa metabolisme itu penting demi menjaga berat badan. Metabolisme pun dianggap perlu diperhatikan demi menjaga tubuh tetap langsing.

Namun, mungkin tidak banyak yang tahu arti metabolisme itu sebenarnya. Metabolisme didefinisikan sebagai reaksi-reaksi kimia yang terjadi di dalam organisme, termasuk sel.

Tapi selain itu, ada empat hal lain yang dapat menjelaskan lebih jauh apa itu metabolisme. Apa saja itu?

1. Tidak semua orang langsing cepat bermetabolisme

"Terkadang ada orang-orang kurus yang metabolismenya rendah dan tidak makan banyak. Dan ada juga orang-orang gemuk dengan metabolisme yang sangat tinggi dan makan dengan porsi besar," kata seorang pakar endokrinologi dari Mayo Clinic, Michael Jensen, MD, seperti dilansir laman ABC News, Kamis (23/1).

2. Jaringan ramping membakar lebih banyak kalori termasuk saat tidur

"Otak, jantung, hati, dan ginjal menggunakan begitu banyak energi, meskipun anda tengah berbaring. Sedangkan otot dan saluran pencernaan tidak banyak digunakan ketika beristirahat sehingga lemak hampir tidak membakar apapun," kata Dr. Jensen.

Jadi menurut perkiraan Dr. Jensen, setiap orang akan membakar satu kalori per menitnya saat tengah beristirahat. Sedangkan seperempatnya disumbang oleh otot dan seperlimapuluhnya dibakar oleh lemak.

BANYAK orang beranggapan bahwa metabolisme itu penting demi menjaga berat badan. Metabolisme pun dianggap perlu diperhatikan demi menjaga tubuh tetap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News