4 Jenis Makanan ini Bisa Mencegah Hepatitis

4 Jenis Makanan ini Bisa Mencegah Hepatitis
Pasien hepatitis di rumah sakit. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com - Mencegah hepatitis bisa dimulai dari keluarga. Anda bisa memilih makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga.

Setiap tahunnya pada 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia. Salah satu alasan diperingatinya hari tersebut karena masih tingginya angka penderita hepatitis di seluruh dunia.

Hepatitis, penyakit yang menyerang hati

Hepatitis merupakan penyakit infeksi pada liver (hati) yang disebabkan oleh virus hepatitis. Terdapat berbagai jenis virus hepatitis yang perlu Anda ketahui, yakni hepatitis A, B, C, D dan E.

Namun, hepatitis yang paling sering menyerang masyarakat adalah hepatitis A, B, dan C. Anda perlu berhati-hati karena hepatitis termasuk penyakit menular.

“Hepatitis A itu yang paling sering menular di masyarakat. Biasanya hepatitis A itu ditularkan melalui makanan. Kalau hepatitis B atau C itu lebih sering dijumpai pada orang-orang medis, seperti dokter dan perawat karena biasanya dia penyebarannya melalui jarum suntik,” ujar dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter. 

Makanya, dia menambahkan, sebelum menjalankan tugas, pekerja medis yang dianggap berisiko disarankan untuk vaksin hepatitis sebagai langkah pencegahan. 

“Kalau sudah terkena hepatitis B atau C, ya sudah, itu tidak akan sembuh. Tapi kalau terkena hepatitis A masih bisa disembuhkan. Yang bisa dilakukan adalah dengan cara pertolongan medis, dan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang bisa mencegah hepatitis itu sendiri,” tutur dr. Theresia.

Ya, seperti diutarakan dr. Theresia, ada beberapa makanan yang bisa mencegah tertular hepatitis. Berikut beberapa jenis makanan yang bisa Anda pilih:

hepatitis yang paling sering menyerang masyarakat adalah hepatitis A, B, dan C. Anda perlu berhati-hati karena hepatitis termasuk penyakit menular.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News