JPNN.com

4 Kiat Olahraga Sebelum Sarapan

Rabu, 06 November 2019 – 11:01 WIB 4 Kiat Olahraga Sebelum Sarapan - JPNN.com

jpnn.com - Meskipun sudah banyak tersedia informasi mengenai manfaat sarapan, tak sedikit orang yang belum memahami bahwa makan pagi ini merupakan waktu makan terpenting dibanding makan siang atau makan malam. Lalu bagaimana jika di pagi hari ingin berolahraga, haruskan sarapan terlebih dahulu?

 

Tips olahraga sebelum sarapan

Meski demikian, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum olahraga tanpa sarapan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa tips aman yang bisa Anda terapkan:

  1. Pastikan Anda telah beristirahat atau tidur dalam waktu yang cukup. Tidur selama 6 hingga 8 jam semalam akan membantu performa tubuh Anda lebih bugar ketika bangun di pagi harinya.
  2. Cukupi kebutuhan asupan cairan tubuh Anda. Mengonsumsi sekitar satu liter air sebelum, saat, dan sesudah olahraga terbukti akan menghindarkan Anda dari dehidrasi –baik selama berolahraga maupun setelahnya.
  3. Jangan memaksakan diri. Jika terdapat keluhan seperti lemas, keringat dingin, pusing berputar, dan perasaan seperti melayang, hentikan latihan Anda. Bisa jadi, itu merupakan tanda awal Anda mengalami hipoglikemia atau gula darah yang terlampau rendah.
  4. Cukupi asupan nutrisi setelah berolahraga. Hal ini bisa dilakukan dalam jangka waktu 30-45 menit setelah berolahraga –baik jika Anda sudah sarapan ataupun belum. Cukupi asupan seimbang antara makanan tinggi karbohidrat dan protein.

Ingat, tujuan utama berolahraga adalah untuk menjaga kesehatan dan tubuh tetap bugar. Meskipun aktivitas ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan membentuk otot lebih baik, lakukan dengan cara yang benar.

Berolahraga sebelum sarapan memang dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak. Tapi jangan paksakan diri, jika kondisi Anda tidak dalam keadaan yang memungkinkan untuk berolahraga.(RH/klikdokter)

Sumber klIkdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...