4 Mahasiswa Beraksi di TBM Bukit Duri Bercerita, Patut Dicontoh

4 Mahasiswa Beraksi di TBM Bukit Duri Bercerita, Patut Dicontoh
Empat mahasiswa tingkat akhir Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi Program Sarjana, Universitas Yarsi melakukan penginputan bibliografi dari koleksi TBM Bukit Duri Bercerita pada Rabu (8/12/2021). Foto: Dok. TBM Bukit Duri Bercerita

jpnn.com, JAKARTA - Empat mahasiswa tingkat akhir Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi Program Sarjana, Universitas Yarsi beraksi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita atau Bukdur Bercerita pada Rabu (8/12/2021).

Mereka membantu penginputan bibliografi dari koleksi TBM Bukit Duri Bercerita, sirkulasi bibliografi dari koleksi yang ada, dan memberikan contoh pencetakan label & barcode untuk koleksi bahan pustaka. Aksi keempat mahasiswa itu patut dicontoh.

Salah satu mahasiswa Yarsi, Kemal Seno Radhoto mengatakan dirinya bersama Arsila Hendarwati, Dani Awaludin Nasrullah, Dhea Ayu Susilawati melanjutkan kegiatan sebelumnya di TBM Bukit Duri Bercerita dengan memberikan pendidikan tentang penggunaan SLiMS pada pengelola Taman Bacaan Bukit Duri Bercerita yakni pembuatan keanggotaan untuk pengguna.

Mahasiswa lainnya, Dani Awaludin mengatakan kedatangannya ke TBM Bukit Duri Bercerita untuk melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat “TBM berbasis Teknologi Informasi” yang dicanangkan oleh Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas YARSI.

“Ini merupakan kegiatan lanjutan dari mahasiswa sebelumnya yaitu Muhammad Rizky Ibrahim dan kawan-kawan,” ujar Dani.

Dani menjelaskan program ini untuk memberikan pendidikan pengguna aplikasi SLiMS atau juga bisa disebut pelatihan penggunaan SLiMS untuk pengelola TBM. Kegiatan diarahkan langsung oleh Kemal Seno Radhoto sebagai koordinator untuk TBM Bukit Duri Bercerita.

Dhea Ayu Susilawati menambahkan program pendidikan SLiMS ke TBM ini untuk memudahkan pengelola dalam mengolah koleksi yang ada pada TBM, memudahkan pengunjung untuk meminjam, dan memudahkan pengelola dalam mengatur koleksi buku.

“Teknologi informasi dalam hal ini aplikasi SLiMS mempermudah TBM Bukit Duri Bercerita memperluas aksesbilitas untuk seluruh masyarakat di wilayah Bukit Duri, DKI dan bahkan seluruh Indonesia,” kata Dhea.

Empat mahasiswa tingkat akhir Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi Program Sarjana, Universitas Yarsi beraksi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bukit Duri Bercerita atau Bukdur Bercerita pada Rabu (8/12/2021).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News